KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI UWARKOP SEBRO CILEUNGSI MELALUI RURAL BRANDING

Sarkoro, Bisma Chandra (2021) KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI UWARKOP SEBRO CILEUNGSI MELALUI RURAL BRANDING. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (Cover)
1.Cover.pdf - Submitted Version

Download (573kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-3)
Bab 1-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (358kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini fenomena kedai kopi sedang tren di Indonesia. Berbagai strategi bertarung menarik pengunjung. Berbeda dari kebanyakan kedai kopi yang mengusung tema romantik, kedai kopi Uwarkop Sebro menggunakan strategi branding pedesaan khas daerahnya yaitu Cileungsi. Studi ini menyelidiki bagaimana kedai kopi Uwarkop Sebro meracik komunikasi pemasarannya melalui rural branding Cileungsi. Menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan pisau analisis teori anyar komunikasi pemasaran dari Rajeev Batra dan Kevin Lane Keller serta teori Rural Branding dari Bambang Sukma Wijaya, studi ini menemukan bahwa penggunaan moda word-of-mouth, medium komunitas, dan kredibilitas pemilik adalah “senjata” utama komunikasi pemasaran Uwarkop Sebro dalam membentuk nilai-nilai yang mencerminkan ciri khas kedaerahannya. Sementara itu, konsep kebersahajaan dan keotentikan dalam dimensi rural branding merupakan kunci penting dalam menyinergikan identitas dan nilai-nilai Uwarkop Sebro, kopi, dan Cileungsi sebagai suatu merek. Belajar dari ”wisdom” Uwarkop Sebro yang memajukan usaha sekaligus daerahnya, menganggap kompetitor sebagai mitra, dan konsumen adalah keluarga, penelitian ini menyarankan agar lebih banyak usaha yang menempuh jalan tengah dengan menyatukan misi bisnis dan sosial. Juga agar pemerintah daerah lebih banyak berperan melibatkan berbagai pihak untuk kesuksesan rural branding, mulai dari akademisi, media, para pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat. Tidak luput pula peran penting dari generasi milenial yang saat ini sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Kata Kunci : Kedai Kopi, Komunikasi Pemasaran, Branding, Rural Branding.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kedai Kopi, Komunikasi Pemasaran, Branding, Rural Branding.
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bisma Chandra Sarkoro
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:19
Last Modified: 01 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item