Pemanfaatan Instagram Sebagai Pendkung Program Siaran Radio di Mustang 88FM Saat Pandemi Covid-19

Sakinah, Gita Puti (2021) Pemanfaatan Instagram Sebagai Pendkung Program Siaran Radio di Mustang 88FM Saat Pandemi Covid-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAb IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Bermula dengan beralihnya media konvensional ke media online, hal ini seiring berkembangnya media sosial di Indonesia. Seiring terjadinya pandemi Covid-19, pemanfaatan media sosial meningkat sehingga hal ini berdampak kepada menurunnya minat pendengar untuk mendengarkan radio. Radio Mustang 88FM adalah salah satu media konvensional yang memanfaatkan media sosial. Radio Mustang 88FM yang mulai mengudara dari tahun 1987 ini, menjadikan Instagram sebagai media utama untuk tetap bisa mempertahankan pendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai pendukung program siaran radio di Mustang saat pandemi COVID-19. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori dan konsep Pemanfaatan Instagram dari Chris Heuer dalam buku Engage dan Program Siaran Radio dari Masduki dalam buku Morissan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif dan menggunakan teknik wawancara secara mendalam dengan dua key informan, tiga informan tambahan, dan satu triangulator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Instagram yang digunakan oleh Radio Mustang 88FM sudah sesuai dengan keempat komponen dari Chris Heuer dalam buku Engage yaitu, context, communication, collaboration dan connection, namun pada pemanfaatannya masih ada yang belum dimaksimalkan yaitu pada komponen connection. Pemanfaatan Instagram sebagai media pendukung program siaran radio, Mustang 88FM hanya memakai tiga jenis program siaran yaitu Berita Radio, Perbincangan (talkshow) Radio dan Infotainment Radio.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Radio, Instagram, Program Siaran, Pemanfaatan Media Sosial, COVID-19
Subjects: Communication Science > Mass Media
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gita Puti Sakinah
Date Deposited: 24 May 2021 23:03
Last Modified: 24 May 2021 23:03
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item