Strategi Social Marketing GenRe (Generasi Berencana) Melalui Instagram Dalam Membentuk Brand Awareness Selama Pandemi Covid-19

Rahman, Ghina Salsabila (2021) Strategi Social Marketing GenRe (Generasi Berencana) Melalui Instagram Dalam Membentuk Brand Awareness Selama Pandemi Covid-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari fenomena pandemi Covid-19 serta Indonesia yang mulai memasuki era society 5.0, menyebabkan penggunaan IPTEK digunakan sebagai media efektif dalam pemasaran dan memanusiakan manusia. Hal tersebut mengakibatkan banyak individu, kelompok, instansi, maupun perusahaan beralih ke kegiatan online, salah satunya melakukan strategi pemasaran melalui media sosial. GenRe menggunakan akun Instagram @genre_indonesia sebagai salah satu media strategi pemasaran sosial GenRe selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Instagram sebagai media social marketing GenRe dalam membentuk brand awareness selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dikaji menggunakan konsep marketing mix (4P) oleh Kotler & Armstrong (2015) dan brand awareness oleh Keller, K.L., dkk (2015). Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi social marketing GenRe hanya memenuhi tiga dari empat dimensi pada teori marketing mix, yaitu Product, Price, Place. Sedangkan, untuk dimensi Promotion masih kurang. Hal tersebut dilihat dari beberapa followers Instagram @genre_indonesia yang bersedia diwawancarai. GenRe juga diketahui masih menggunakan one way communication. Dalam membentuk brand awareness, GenRe sudah melakukan sampai di dua tahapan, yaitu recognition dan recall. Hal ini merupakan keberhasilan sekaligus tantangan bagi GenRe karena recognition dan recall tersebut mayoritas hanya sesuai pada target audience mereka saja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sosial, Kesadaran Merek, Social Marketing Strategy, Brand Awareness
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ghina Salsabila Rahman
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:37
Last Modified: 25 Aug 2021 02:37
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item