Analisis Brand Positioning Carnivoressoul Melalui Media Sosial Instagram

Hanif, Hanif (2021) Analisis Brand Positioning Carnivoressoul Melalui Media Sosial Instagram. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (442kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial pada era digital merupakan wadah yang efektif untuk suatu bisnis, khususnya Instagram yang digunakan sebagai media komunikasi pemasaran digital. Instagram adalah wadah efektif dalam melakukan aktivitas branding. Branding diperlukan sebagai strategi pemasaran agar produk mudah dikenal masyarakat. Begitu juga Brand positioning yang menjadi jantung strategi pemasaran. Saat situasi pandemi Covid-19, brand positioning menjadi solusi efektif dalam menerapkan positioning brand, khususnya sektor bisnis fashion denim lokal. Fenomena ini menjadi landasan peneliti tertarik dalam menganalisa denim lokal yakni Carnivoressoul dengan akun Instagram @carnivoressoul. Peneliti menganalisis brand positioning dalam lingkup komunikasi pemasaran digital. Analisa dilakukan berdasarkan aktivitas pemasaran pada implementasi brand positioning. Penelitian dikaji menggunakan brand positioning oleh Keller dengan indikator poin target consumer, nature of competitions, POD’s dan POP’s. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis menggunakan in-depth interview dengan enam (6) informan dan praktisi branding. Hasil pada penelitian menyebutkan bahwa Carnivoressoul belum tersegmentasi konsep American motorcycle vintage classic dan memiliki interaksi rendah pada konten Instagram mereka, sehingga insight mengalami low engagement dan tidak sebanding dengan followers yang dimiliki. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa brand positioning Carnivoressoul tidak merepresentasikan brand positioning motorcycle classic workwear. Saran dan implikasi pada penelitian ini yaitu Carnivoressoul diharapkan konsisten dalam mempromosikan konsep motorcycle classic workwear.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: merek denim, brand positioning, media sosial, Instagram, konsep motor
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hanif Hanif
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:28
Last Modified: 28 Aug 2021 04:28
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item