Critical Ethnography Konsumen Pasar Tradisional dalam Menghadapi Fenomena Pasar Moderen

Ismy, Ellen Fika (2021) Critical Ethnography Konsumen Pasar Tradisional dalam Menghadapi Fenomena Pasar Moderen. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena maraknya fenomena pasar moderen. Akibatnya, praktik konsumsi dan kebiasaan pembelian konsumen, serta perilaku dan pengalaman mereka di pasar tradisional, menjadi sesuatu yang unik dan berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik-praktik dan budaya konsumen pasar tradisional dengan pengalaman dan kebiasaan khusus yang mereka lakukan, serta untuk mengetahui perilaku unik dan khas konsumen pasar tradisional dari kacamata pengalaman pedagang dan pandangan konsumen pasar moderen. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori dan konsep pasar tradisional dan pasar moderen, budaya konsumen, serta shopping culture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi kritis dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini dalam praktik konsumsi di pasar tradisional membentuk budaya konsumen menjadi I care of then I am, membentuk budaya belanja menjadi I am familiar then I keep coming, membentuk praktik konsumsi pasar tradisional dari perspektif pedagang menjadi the more you ask, the less you act dan praktik konsumsi pasar tradisional di mata konsumen pasar moderen menjadi antara konstruksi dan resistensi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Praktik Konsumsi, Budaya Konsumen, Budaya Belanja, Pasar Tradisional, Pasar Moderen
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ellen Fika Ismy
Date Deposited: 31 Aug 2021 09:53
Last Modified: 31 Aug 2021 09:53
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item View Item