Konvergensi Penyiaran Digital dan Media Sosial pada Berita TV CNN Indonesia

Sartika, Syifa (2020) Konvergensi Penyiaran Digital dan Media Sosial pada Berita TV CNN Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan new media memungkinkan masyarakat sebagai pengguna untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam pembuatan konten. Adanya fenomena konvergensi media menghadirkan beragam media yang menggabungkan media baru dengan media konvensional, tayangan CNN Indonesia bisa disaksikan melalui channel Transmedia selain itu, audiens bisa mengakses melalui media sosial CNN Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konvergensi konten berita dalam media sosial CNN Indonesia TV. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada Manajer Media Sosial CNN Indonesia, Eksekutif Produser di CNN Indonesia, Kepala Divisi Business Strategic CNN Indonesia, pemilihan subjek tersebut karena tim terlibat langsung dalam pembuatan tayangan dan mengunggah tayangan tersebut ke dalam media sosial CNN Indonesia. Hasil penelitian menunjukan konvergensi media membuat media konvensional menganggap hadirnya media sosial tidak menjadi pesaing, justru menjadikannya partner sebagai elemen penunjang perusahaan media untuk menyebarluaskan informasi. Penggunaan media sosial CNN Indonesia sebagai alat untuk penyebaran informasi dan promosi di platform digital karena masyarakat lebih banyak mengkonsumsi informasi dan menonton tayangan televisi melalui smartphone.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Era Konvergensi Media, Media Sosial, CNN Indonesia
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > News Broadcast
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Syifa Sartika
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:59
Last Modified: 14 Dec 2021 10:57
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item