ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT PADA PT KIMIA FARMA Tbk.

Ridwan, Sultan Muhammad (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT PADA PT KIMIA FARMA Tbk. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (836kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
1-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (7kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Kimia Farma Tbk. khususnya Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT, Matriks, EFAS, dan IFAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke PT. Kimia Farma Tbk. – National Distribution Centre (NDC) untuk melakukan wawancara pribadi dengan Logistic Manager Project terkait penyimpanan dan penyaluran produk kosmetik, selain itu melakukan kunjungan ke Bagian Marketing untuk mengumpulkan informasi terkait proses bisnis marketing serta hasil dari koresponden terkait produk kosmetik di lapangan. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis dari penelitian yang dilakukan pada PT. Kimia Farma Tbk. terkait strategi pemasaran yaitu perusahaan telah memiliki dan menjalankan strategi pemasaran dan terlihat dari perhitungan analisis SWOT yang berada di posisi kuadran II yaitu Diversifikasi. Dimana perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki seperti kualitas produk dan rantai distribusi dari pabrik, distribusi dengan 48 cabang KFTD yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia hingga outlet retail yang menyebar di seluruh daerah di Indonesia dari kota hingga pelosok dengan jumlah outlet KFA lebih dari 1000, agar konsumen tetap setia pada penggunaan produk kosmetik, melakukan pengembangan varian produk sesuai kebutuhan pasar dengan segala jenis kalangan customer sehingga dapat menambah kategori konsumen lain, hingga terus berinovasi hingga dapat tetap bersaing dengan competitor untuk mengatasi ancaman yang ada, serta kerja sama dengan outlet pihak ketiga dalam pemasaran produk kosmetik Kimia Farma yang dapat meningkatkan hasil penjualan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: SWOT, IFAS, EFAS
Subjects: Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Sultan Muhammad Ridwan
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:59
Last Modified: 29 Dec 2021 02:59
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item