ANALISIS PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK PADA PAKET BERITA PROGRAM LENSA INDONESIA DI RAJAWALI TV

Edwin, Ramadi (2017) ANALISIS PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK PADA PAKET BERITA PROGRAM LENSA INDONESIA DI RAJAWALI TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (850kB) | Preview
[img] Text (Pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (Pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (Pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (Pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media massa sangatlah begitu pesat pada masa kini. Jumlah masyarakat yang mengonsumsi media massa pun semakin meningkat. Hal tersebut sejalan dengan adanya unsur iklan yang memilih mengiklankan produknya melalui media. Kemudian adanya pengaruh oleh pemilik media juga merupakan ancaman pengaruh dari internal media itu sendiri. Namun pengaruh tersebut dalam ranah prinsip dan kode etik jurnalistik sangatlah tidak diperbolehkan, karena berbenturan dengan prinsip indepensi sebuah media. Hal ini akan menjadi inti penelitian, dimana peneliti akan membahas bagimana fenomena ini bisa terjadi, melibatkan unsur apa saja dan apa penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan bertujuan untuk melihat sebab terjadinya berita rasa iklan tersebut. Teori utama yang digunakan adalah teori Shomaker & Reese mengenai heirarki pengaruh atas konten media, prinsip dan kode etik perusahaan. Salah satunya RTV dalam program Lensa Indonesia yang miliki indikasi bahwa redaksinya tidak menjalankan dengan baik prinsip dan kode etik jurnalistik karena ada berita rasa iklan pada format PKG beritanya. Berita rasa iklan tersebut merupakan hasil berita atas pengaruh internal dan eksternal media. Dari ketiga narasi yang didapat penulis, terbukti melanggar prinsip objektivitas, imparsialitas, dan independensi. Kemudian adanya temuan ini juga mengindikasikan bahwa redaksi RTV tidak melakukan pemisahan atas kegiatan redaksi dan marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: , Etika Jurnalistik, Rajawali Televisi, Redaksi Televisi, Teori Heirarki Pengaruh Isi Media Shoemaker & Reese
Subjects: Communication
Communication > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: EDWIN RAMADI
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:22
Last Modified: 21 Mar 2017 09:22
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item