ANALISIS WACANA MEREK PADA IKLAN NINJA XPRESS VERSI GAK PERLU DRAMA

Humaira, Fathiya Nur (2022) ANALISIS WACANA MEREK PADA IKLAN NINJA XPRESS VERSI GAK PERLU DRAMA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Iklan yang dipublikasikan oleh Ninja Xpress dengan judul “Gak Perlu Drama” mengisahkan cerita kehidupan yang diambil dari fenomena kehilangan paket yang diakibatkan oleh kelalaian jasa pengiriman pada akhir tahun 2021. Fenomena ini diviralkan oleh korban yang kehilangan paket di media sosial khususnya Twitter. Ninja Xpress sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, tentu mengupayakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui wacana yang dibunyikan dalam iklan yang mereka publikasikan. Penelitian ini berfokus kepada membahas tentang wacana merek yang ada pada iklan jasa pengiriman Ninja Xpress dengan judul “Gak Perlu Drama”. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Discourse Analysis (BDA) atau analisis wacana merek yang dikembangkan oleh Wijaya. Dalam penelitian ini dilakukan observasi tekstual termasuk observasi arsip dan artefak berupa dokumentasi digital dengan mengamati dan menganalisis wacana merek pada iklan menggunakan teknik analisis data melalui empat elemen yaitu brand’s message, brand’s mode, brand’s medium, dan brand’s milieu. Dari analisis wacana merek “Gak Perlu Drama” didapatkan elemen brand’s message berupa dramatisasi melalui kisah fenomena yang divisualisasikan ke dalam iklan, brand’s mode berupa internalisasi melalui strategi promosi iklan dan event giveaway, brand’s medium berupa intermediasi melalui berbagai media sosial dan key opinion leader, dan brand’s milieu berupa penggunaan drama Korea sebagai pendukung wacana dalam menyikapi fenomena berdasarkan latar belakang perusahaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Iklan drama korea, Brand discourse analysis
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fathiya Nur Humaira
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:43
Last Modified: 18 Aug 2022 04:43
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item