REPRESENTASI PERILAKU AMANAH PADA IKLAN GOJEK “PARA PENJAGA AMANAH” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL)

Rahmah, Khadijah Nabila Ar (2022) REPRESENTASI PERILAKU AMANAH PADA IKLAN GOJEK “PARA PENJAGA AMANAH” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi, menimbulkan adanya fenomena transportasi online sedang terjadi di kota-kota besar pada beberapa tahun terakhir ini. Dibalik fenomena tersebut, terdapat isu-isu sosial atau informasi negatif yang sedang terjadi dan mengakibatkan masyarakat timbulnya rasa kurang percaya terhadap transportasi online tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana representasi perilaku amanah yang divisualisasikan melalui sebuah iklan. Tujuan utama iklan adalah untuk memengaruhi masyarakat mengenai suatu produk atau jasa, sehingga dapat mendorong terjadinya perubahan perilaku pada konsumen sesuai dengan yang diharapkan oleh produsen. Semiotika sosial merupakan suatu ilmu yang mempelajari suatu objek peristiwa kebudayaan dan lainnya di tengah masyarakat sebagai suatu tanda yang memiliki arti tertentu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis teks dengan analisis semiotika sosial Theo Van Leeuwen yang terbagi menjadi empat dimensi yaitu Discourse, Genre, Style, dan Modality. Hasil penelitian ini adalah adanya isu-isu sosial dan pesan-pesan yang tersembunyi dan dituangkan pada adegan iklan yang terinspirasi dari kisah nyata. Selain itu, masyarakat Indonesia yang beragama menyebabkan merek-merek menggunakan unsur agamis pada iklan dengan maksud untuk memengaruhi konsumen atau penggunanya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Representasi Perilaku Amanah, Semiotika Sosial, Isu-isu Sosial, Transportasi Online
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Khadijah Nabila Ar Rahmah
Date Deposited: 20 Aug 2022 11:21
Last Modified: 20 Aug 2022 11:21
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item