PRAKTIK PEMBUATAN USER GENERATED CONTENT DI KALANGAN KONSUMEN (STUDI KASUS McD X BTS)

Rizki, Indira Noor (2022) PRAKTIK PEMBUATAN USER GENERATED CONTENT DI KALANGAN KONSUMEN (STUDI KASUS McD X BTS). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00 cover_2.pdf - Submitted Version

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV_3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA_2.pdf - Submitted Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)

Abstract

Di era pandemik sekarang ini, banyak sekali restoran atau kafe mengalami penurunan dari segi omzet hingga pelanggan, tetapi McDonalds terus berusaha untuk tetap mengeluarkan hal-hal menarik untuk pelanggannya. Salah satunya adalah Campaign marketing McDonalds yang mempunyai impact yang besar adalah McD X BTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pembuatan user generated content di kalangan konsumen pada McD X BTS. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus eksploratif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui praktik pembuatan user generated content di kalangan konsumen McD X BTS. Hasil analisis membuktikan bahwa konten UGC buatan pengguna dapat dikembangkan oleh konsumen secara kreatif, dibagikan, dan dikonsumsi secara publik. User generated content akan lebih mudah dipercaya oleh masyarakat karena konten-konten yang dibuat secara langsung oleh konsumen tanpa adanya endorsement dan dinilai lebih jujur oleh masyarakat. Konten UGC informan yang ikut membuat konten dan UGC yang melihat konten UGC dari teman-temannya yang menjadikan konten UGC penting untuk mendukung dan dapat menjadi suplemen dari branded content McDonalds. Dalam penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa konsumen yang merupakan penggemar dari BTS membuat konten BTS Meal karena ingin selalu mendukung dan selalu ingin ikut andil untuk mempromosikan apapun yang dilakukan oleh BTS termasuk kolaborasi dengan brand lain dengan cara membuat konten BTS Meal secara kreatif, positif, dan jujur. Namun, informan yang bukan penggemar dari BTS membuat konten dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa informan membuat konten secara netral dan juga jujur karena hanya ingin mengikuti trend.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: McD X BTS, BTS Meal, User Generated Content
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indira Noor Rizki
Date Deposited: 20 Aug 2022 09:26
Last Modified: 20 Aug 2022 09:26
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item