ANALISIS KAPASITAS OPTIMAL AIRCRAFT PARKING STAND (APRON) TERMINAL 3 ULTIMATE BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

Aprianto, Bagas (2017) ANALISIS KAPASITAS OPTIMAL AIRCRAFT PARKING STAND (APRON) TERMINAL 3 ULTIMATE BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kapasitas dari ketersediaan parking stand yang ada pada Terminal 3 Ultimate Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta serta langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan parking stand yang tersedia dengan menggunakan metode Simulasi Monte Carlo. Metode Simulasi Monte Carlo dilakukan untuk mengetahui kapasitas parking stand dan solusi dari permasalahan yang terjadi pada pengalokasian parking stand tanpa harus melakukan percobaan secara langsung pada sistem rill yang ada di lapangan. Pada penelitian ini juga dilakukan penghitungan terhadap utilitas dari penggunaan parking stand Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Simulasi dilakukan dengan dua skenario. Pada kondisi eksisting, parking stand mampu menampung 276 pesawat dengan 53 antrian. Utilitas penggunaan contact stand sebesar 86.42% dan remote stand sebesar 49.74% pada penerbangan internasional. Untuk penerbangan domestik, utilitas penggunaan contact stand sebesar 40.33% dan remote stand sebesar 67.92%. Setelah dilakukan penambahan dan konfigurasi ulang pada parking stand, mampu menampung 276 pesawat dengan 13 antrian. Utilitas penggunaan contact stand sebesar 67.46% dan remote stand sebesar 35.37% pada penerbangan internasional. Untuk penerbangan domestik, utilitas penggunaan contact stand sebesar 69.39% dan remote stand sebesar 35.53%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: parking stand, simulasi, Monte Carlo, utilitas, antrian.
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Bagas Aprianto
Date Deposited: 04 May 2017 04:28
Last Modified: 04 May 2017 04:28
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item