Jajuli, Tessa Fatma Azzahra (2024) Analisis Strategi Brand Storytelling Dalam Membangun Brand Identity (Studi Kasus pada Merek Bloca). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version Download (752kB) |
|
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Storytelling telah menjadi alat penting dalam komunikasi pemasaran modern untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi brand storytelling yang dilakukan oleh Bloca dalam upaya membangun identitas merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan owner dan tim marketing Bloca. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa Bloca berhasil menciptakan narasi merek yang kuat dan efektif. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa, Bloca telah memenuhi empat kriteria teori Klaus Fog dalam brand storytelling: the message, the conflict, the character, dan the plot. Selain itu, Bloca juga sukses mengimplementasikan elemen-elemen Brand Identity Prism dari Kapferer: physique, personality, culture, relationship, reflection, sel-image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Bloca tidak hanya memperkuat posisi merek di pasar, tetapi juga membangun hubungan emosional yang kuat dengan konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya konsistensi dan kreativitas dalam strategi brand storytelling untuk membentuk identitas merek yang kuat dan berkesan di benak konsumen.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Storytelling, Brand Identity, Strategi Pemasaran, Local Brand, Aksesoris |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Tessa Fatma Azzahra Jajuli |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:53 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10021 |
Actions (login required)
View Item |