Analisis Strategi Brand Storytelling Dalam Membangun Brand Identity (Studi Kasus pada Merek Bloca)

Jajuli, Tessa Fatma Azzahra (2024) Analisis Strategi Brand Storytelling Dalam Membangun Brand Identity (Studi Kasus pada Merek Bloca). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version

Download (752kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (96kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Storytelling telah menjadi alat penting dalam komunikasi pemasaran modern untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi brand storytelling yang dilakukan oleh Bloca dalam upaya membangun identitas merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan owner dan tim marketing Bloca. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa Bloca berhasil menciptakan narasi merek yang kuat dan efektif. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa, Bloca telah memenuhi empat kriteria teori Klaus Fog dalam brand storytelling: the message, the conflict, the character, dan the plot. Selain itu, Bloca juga sukses mengimplementasikan elemen-elemen Brand Identity Prism dari Kapferer: physique, personality, culture, relationship, reflection, sel-image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Bloca tidak hanya memperkuat posisi merek di pasar, tetapi juga membangun hubungan emosional yang kuat dengan konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya konsistensi dan kreativitas dalam strategi brand storytelling untuk membentuk identitas merek yang kuat dan berkesan di benak konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Brand Storytelling, Brand Identity, Strategi Pemasaran, Local Brand, Aksesoris
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tessa Fatma Azzahra Jajuli
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:53
Last Modified: 28 Aug 2024 03:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item