ANALYSIS OF OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY (K3) USING THE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT DETERMINING CONTROL (HIRADC) METHOD IN THE SURIMI PRODUCTION PROCESS AT PT STARFOOD INTERNATIONAL

Jelita, Wunihani Devita (2024) ANALYSIS OF OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY (K3) USING THE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT DETERMINING CONTROL (HIRADC) METHOD IN THE SURIMI PRODUCTION PROCESS AT PT STARFOOD INTERNATIONAL. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of cover] Text (cover)
00. cover.pdf - Accepted Version

Download (601kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR HADIR] Text (DAFTAR HADIR)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (81kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

PT Starfood International merupakan perusahaan yang bergerak dibidang ekspor produk perikanan dengan tujuan pemasaran global. Saat ini PT Starfood International saat ini belum menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Untuk menunjang hal tersebut, perlu dilakukan identifikasi bahaya dan risiko serta pengendaliannya. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan dampak lingkungan di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi potensi, penilaian risiko dan memberikan rekomendasi tindakan pengendalian bahaya dan risiko pada proses pekerjaan produksi surimi di PT Starfood International. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan informasi. Peneliti mengidentifikasi 14 tahapan proses pekerjaan produksi surimi. Hasil penilaian risiko didapatkan 2 jenis (6%) kategori low risk, 11 jenis (33%) kategori medium risk, 12 jenis (37%) kategori high risk dan 8 jenis (24%) kategori extreme risk. Sebagai upaya pengendalian, hiraki pengendalian yang dilakukan yaitu subtitusi pada bahaya ergonomi saat pengangkatan secara manual dengan alat bantu mekanik trolley dan forklift, engginering yaitu pembuatan desain jalur khusus untuk alat bantu mekanik, administrasi yaitu pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait kegiatan diarea produksi, penempatan poster K3 pada dinding di area produksi, inspeksi rutin alat bantu mekanik setiap pagi oleh operator, inspeksi mesin dilakukan pada saat mesin sedang tidak beroperasi, serta hiraki pengendalian yang terakhir yaitu menerapkan kedisiplinan penggunaan alat pelindung dan menerapkan award and punishment.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Surimi, Bahaya, Risiko, Pengendalian, SMK3
Subjects: Environmental Science and Technology
Environmental Science and Technology > Occupational Health and Safety
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Lingkungan
Depositing User: Wunihani Devita Jelita
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:21
Last Modified: 02 Sep 2024 08:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item