Farhan, Muhammad (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA CORPORATE IMAGE DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PROGRAM CLEANFLIGHT DAN CLEANTRIP DI INSTAGRAM @TRAVELOKA). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Text (Cover)
00.cover.pdf - Accepted Version Download (703kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB DAFTAR PUSTAKA)
04.BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi cyber public relations yang diterapkan oleh Traveloka melalui akun Instagram @Traveloka dalam mengelola citra perusahaan (corporate image) selama pandemi COVID-19. Pandemi memberikan dampak signifikan terhadap industri pariwisata, termasuk Traveloka, yang menghadapi tantangan besar dalam menjaga kepercayaan pelanggan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan analisis konten media sosial. Fokus penelitian adalah program CleanFlight dan CleanTrip yang mendukung penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi cyber public relations Traveloka melibatkan transparansi, respons cepat, serta konten relevan yang interaktif. Dibandingkan dengan kompetitor seperti Tiket.com yang menonjolkan fleksibilitas pemesanan dan proses refund, serta Pegipegi dengan kampanye "Pegipegi Clean & Safe," Traveloka unggul dalam inovasi layanan melalui fitur tes COVID-19 dan program kebersihan mitra. Strategi ini tidak hanya mempertahankan hubungan positif dengan pelanggan, tetapi juga mendukung mitra Traveloka seperti maskapai dan hotel untuk bertahan di tengah krisis.Penelitian ini memberikan kontribusi bagi kajian cyber public relations, serta menjadi referensi praktis untuk mengelola citra perusahaan melalui media digital di masa krisis. Kata Kunci: cyber public relations, citra perusahaan, pandemi COVID-19, media sosial, Instagram.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cyber public relations, citra perusahaan, pandemi COVID-19, media sosial,Instagram. |
Subjects: | Communication Science > Public Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Farhan |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 08:03 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 08:03 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11085 |
Actions (login required)
View Item |