Aspary, Octaviniant and Lestari, Annisa Fitriana and Firliani, Alifia (2025) RELASI TERJAGA USAHA BERDAYA: Panduan Relasi Pelanggan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Manual. Universitas Bakrie, Jakarta. (Unpublished)
![]() |
Text (pdf)
3RE0I3Jwtno15YYow.pdf - Accepted Version Download (28MB) |
Abstract
Jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 60 persen dari total pelaku usaha (Kemenkeu, 2018). Mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas ekonomi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan SDG 12 - Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab. Dalam era kompetisi yang semakin ketat, terutama di sektor UMKM, pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci utama untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing. Pelayanan pelanggan yang berkualitas dapat membangun loyalitas, menciptakan hubungan jangka panjang, dan meningkatkan nilai ekonomi suatu produk atau jasa. Hal ini sejalan dengan teori Service Excellence, yang menekankan pentingnya memberikan pengalaman positif dan memuaskan kepada pelanggan sebagai strategi untuk mencapai keberhasilan bisnis. Modul ini berisikan panduan bagi UMKM untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam hal menjual produk, menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun kepercayaan. Pendekatan yang diberikan sangat relevan bagi UMKM yang beroperasi dalam lingkup komunitas yang mengandalkan relasi sosial untuk memengaruhi keputusan pembelian.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Marketing Science Paper > Course Material |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ahmad Yani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:23 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:23 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |