RELASI TERJAGA USAHA BERDAYA: Panduan Relasi Pelanggan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Aspary, Octaviniant and Lestari, Annisa Fitriana and Firliani, Alifia (2025) RELASI TERJAGA USAHA BERDAYA: Panduan Relasi Pelanggan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Manual. Universitas Bakrie, Jakarta. (Unpublished)

[thumbnail of pdf] Text (pdf)
3RE0I3Jwtno15YYow.pdf - Accepted Version

Download (28MB)

Abstract

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 60 persen dari total pelaku usaha (Kemenkeu, 2018). Mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas ekonomi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan SDG 12 - Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab. Dalam era kompetisi yang semakin ketat, terutama di sektor UMKM, pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci utama untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing. Pelayanan pelanggan yang berkualitas dapat membangun loyalitas, menciptakan hubungan jangka panjang, dan meningkatkan nilai ekonomi suatu produk atau jasa. Hal ini sejalan dengan teori Service Excellence, yang menekankan pentingnya memberikan pengalaman positif dan memuaskan kepada pelanggan sebagai strategi untuk mencapai keberhasilan bisnis. Modul ini berisikan panduan bagi UMKM untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam hal menjual produk, menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun kepercayaan. Pendekatan yang diberikan sangat relevan bagi UMKM yang beroperasi dalam lingkup komunitas yang mengandalkan relasi sosial untuk memengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Marketing
Science Paper > Course Material
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ahmad Yani
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:23
Last Modified: 20 Feb 2025 07:23
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item