Analisis Motivasi Konsumen pada Konsumsi Affordable Luxury di Kalangan Gen Z

Suhanda, Metania Zefanya (2025) Analisis Motivasi Konsumen pada Konsumsi Affordable Luxury di Kalangan Gen Z. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman menghadirkan berbagai tantangan dan peluang bagi merek-merek mewah sehingga kini mereka menawarkan affordable luxury. Di Indonesia, menargetkan kelas menengah, khususnya Gen Z, dapat menjadi peluang yang besar bagi merek-merek mewah untuk dapat bertahan dan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna affordable luxury dan alasan Gen Z mengonsumsi affordable luxury. Metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dilakukan untuk menggali, mendeskripsikan, dan memahami fenomena secara mendalam. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi pada konsumen Gen Z kelas menengah dan kelas menengah atas di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gen Z di Jakarta memahami affordable luxury sebagai merek mewah yang berkualitas namun memiliki produk dengan harga yang terjangkau sehingga dapat diakses oleh kalangan menengah ke atas. Motivasi Gen Z dalam mengonsumsi affordable luxury sampai pada kebutuhan self-esteem selain itu juga dibentuk oleh eksposur media digital, khususnya melalui iklan dan endorsement di platform seperti TikTok. Keinginan untuk diterima dalam kelompok lebih menonjol pada kelas menengah dibandingkan kelas menengah atas. Gen Z adalah digital natives yang kritis dan selektif dalam melakukan pertimbangan antara nilai fungsional dan nilai emosionalnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Motivasi konsumen, konsumsi, affordable luxury, Gen Z, Jakarta
Subjects: Communication Science
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Metania Zefanya Suhanda
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:41
Last Modified: 28 Feb 2025 02:41
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item