Suhanda, Metania Zefanya (2025) Analisis Motivasi Konsumen pada Konsumsi Affordable Luxury di Kalangan Gen Z. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman menghadirkan berbagai tantangan dan peluang bagi merek-merek mewah sehingga kini mereka menawarkan affordable luxury. Di Indonesia, menargetkan kelas menengah, khususnya Gen Z, dapat menjadi peluang yang besar bagi merek-merek mewah untuk dapat bertahan dan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna affordable luxury dan alasan Gen Z mengonsumsi affordable luxury. Metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dilakukan untuk menggali, mendeskripsikan, dan memahami fenomena secara mendalam. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi pada konsumen Gen Z kelas menengah dan kelas menengah atas di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gen Z di Jakarta memahami affordable luxury sebagai merek mewah yang berkualitas namun memiliki produk dengan harga yang terjangkau sehingga dapat diakses oleh kalangan menengah ke atas. Motivasi Gen Z dalam mengonsumsi affordable luxury sampai pada kebutuhan self-esteem selain itu juga dibentuk oleh eksposur media digital, khususnya melalui iklan dan endorsement di platform seperti TikTok. Keinginan untuk diterima dalam kelompok lebih menonjol pada kelas menengah dibandingkan kelas menengah atas. Gen Z adalah digital natives yang kritis dan selektif dalam melakukan pertimbangan antara nilai fungsional dan nilai emosionalnya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi konsumen, konsumsi, affordable luxury, Gen Z, Jakarta |
Subjects: | Communication Science Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Metania Zefanya Suhanda |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 02:41 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |