Optimasi Desain Layout Pengecoran Rear Disc Brake Menggunakan Software Simulasi Magmasoft dan Validasi Hasil Simulasi Dengan Pengujian Kekerasan Aktual

Surveyogi, Akbar (2025) Optimasi Desain Layout Pengecoran Rear Disc Brake Menggunakan Software Simulasi Magmasoft dan Validasi Hasil Simulasi Dengan Pengujian Kekerasan Aktual. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (350kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (75kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan desain layout pengecoran Rear Disc Brake berbahan besi cor FC 250 dengan simulasi MagmaSoft dan validasi melalui uji kekerasan aktual. Masalah utama adalah deviasi kekerasan tinggi (34 HB) pada desain eksisting akibat thermal shock, yang memaksa perpanjangan waktu pendinginan dari 40 menjadi 70 menit dan menurunkan efisiensi produksi. Penelitian dilakukan dengan merancang alternatif layout, mensimulasikannya menggunakan MagmaSoft, mengimplementasikan desain terbaik pada produksi aktual, serta menganalisis hasil kekerasan menggunakan Paired t-Test dan Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil menunjukkan desain optimal dengan modifikasi feeder dan ingate menghasilkan deviasi kekerasan simulasi 6 HB tanpa indikasi thermal shock, sedangkan implementasi aktual menghasilkan deviasi 8–10 HB yang lebih seragam dibanding kondisi awal. Analisis statistik membuktikan adanya perbedaan signifikan pada nilai kekerasan absolut (p-value <0.05), tetapi tidak pada deviasi dalam satu produk (p-value >0.05). Dari sisi efisiensi, penggunaan MagmaSoft menurunkan leadtime pengembangan 32.9% dan biaya 54%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimasi desain layout dengan MagmaSoft mampu meningkatkan keseragaman kekerasan sekaligus memberikan efisiensi waktu dan biaya pengembangan bagi perusahaan. Kata kunci: optimasi desain, pengecoran, Rear Disc Brake, MagmaSoft, nilai kekerasan Brinell, thermal shock

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: optimasi desain, pengecoran, Rear Disc Brake, MagmaSoft, nilai kekerasan Brinell, thermal shock
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering > Manufacturing Processes
Industrial & Manufacturing Engineering > Product Design and Development
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Akbar Surveyogi
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:27
Last Modified: 01 Sep 2025 06:27
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item