Angela, Zena (2025) PENGARUH BRAND CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN ENGAGEMENT RATE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA EMPLOYEE GENERATED CONTENT BRAND CARESO DI TIKTOK. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version Download (750kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB Daftar Pustaka)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (407kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan pesat media sosial, khususnya TikTok, telah mengubah strategi pemasaran digital secara signifikan. Salah satu bentuk konten yang kini dimanfaatkan adalah Employee Generated Content (EGC), yaitu konten yang dibuat secara sukarela oleh karyawan dan dibagikan di media sosial, yang mencerminkan perilaku Brand Citizenship Behavior (BCB). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh BCB dan Engagement Rate terhadap Purchase Decision konsumen pada brand lokal Careso di TikTok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut akun resmi Careso di TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel BCB tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision. Namun, Engagement Rate terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Secara simultan, kedua variabel, yaitu BCB dan Engagement Rate, memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Decision.Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan audiens yang tinggi terhadap konten di media sosial, terutama konten yang dihasilkan oleh karyawan, dapat meningkatkan peluang terjadinya keputusan pembelian, meskipun perilaku sukarela karyawan dalam membangun citra merek belum tentu secara langsung memengaruhi keputusan tersebut. Oleh karena itu, strategi pemasaran digital di TikTok dapat dioptimalkan melalui peningkatan kualitas interaksi pada konten, tanpa mengabaikan aspek internal branding melalui BCB. Kata Kunci: Brand Citizenship Behavior, Engagement Rate, Purchase Decision, Employee Generated Content, TikTok, Pemasaran Digital
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Citizenship Behavior, Engagement Rate, Purchase Decision, Employee Generated Content, TikTok, Pemasaran Digital |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Zena Angela |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |