Sam, Nurandini Alya (2018) Pemanfaatan Akun Instagram @ExploreBulukumba dalam Mempopulerkan Potensi Pariwisata Kab. Bulukumba. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (848kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (249kB) | Preview |
Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak masyarakat menggunakan media sosial dalam berbagai hal, misalnya promosi potensi pariwisata. Bulukumba merupakan salah satu kabupate di Sulawesi Selatan yang memanfaatkan sosial media, khususnya Instagram untuk mempopulerkan atau memberikan informasi mengenai pariwisata. Akun @ExploreBulukumba dibuat secara mandiri oleh salah seorang masyarakat kab. Bulukumba yaitu Tri Juandha. Dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana aktivitas khalayak dalam Instagram @ExploreBulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam teori uses and gratification terdapat empat aktivitas khalayak yaitu Utility (media memiliki kegunaan), Intentionally (motivasi awal orang menentukan akan misi media), Selectivity (Khalayak menggunakan media yang dapat merefleksikan keterkaitan dan preferensi mereka), dan Imperviousness to Influence (khalayak membentuk pemahaman mereka sendiri dari isi media). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Instagram @ExploreBulukumba memiliki manfaat dalam menyebarkan potensi pariwisata kab. Bulukumba karena dari ke empat narasumber mengatakan bahwa mereka mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat atau spot-spot terbaru dari pariwisata di kab. Bulukumba melalui @ExploreBulukumba. Selain itu juga karena admin yang hebat dalam memilih gambar atau foto yang diunggah yang membuat akun @ExploreBulukumba banyak diminati oleh masyarakat. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta pandangan kepada para pencari ilmu khususnya di bidang komunikasi massa, untuk dapat memahami perkembangan yang cukup pesat di media digital, terutama di media sosial yaitu Instagram mengenai bagaimana manfaat positif dari Instagram itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Uses and gratification, Aktivitas Khalayak, Pariwisata |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nurandini Alya Sam |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 08:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 08:13 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |