MITOS LIMA ELEMEN MASKULINITAS TUNCAY DALAM IKLAN SGM EKSPLOR VERSI “JADIKAN SI KECIL #GENERASIMAJU”

Namira, Azzahra Nur (2018) MITOS LIMA ELEMEN MASKULINITAS TUNCAY DALAM IKLAN SGM EKSPLOR VERSI “JADIKAN SI KECIL #GENERASIMAJU”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01. BAB I-III.pdf] Text
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tanda yang ditunjukkan pada iklan untuk menyampaikan pesan dari suatu perusahaan kepada target audiensnya. Menurut Linda Tuncay dalam jurnalnya yang berjudul Conceptualizations of Masculinity among a “New” Breed of Male Consumers, maskulinitas dikelompokkan dalam lima elemen, yaitu appearance, love atau family, leadership atau respect, money atau success, dan women atau sex. Kelima elemen tersebut adalah mitos yang melekat pada maskulinitas. Penelitian ini akan membahas mitos dari kelima elemen maskulinitas tersebut terhadap tokoh ayah dalam iklan SGM Eksplor versi “Jadikan Si Kecil #GenerasiMaju” menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes dengan perangkat mengenai denotatif, konotatif, dan mitos. Data primer penelitian ini berupa teks iklan dan didukung data sekunder berupa hasil wawancara dengan praktisi periklanan, aktivis maskulinitas, dan konsumen. Teknik pengujian keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Temuan utama dari penelitian ini adalah tokoh ayah dalam iklan ini merepresentasikan mitos lima elemen maskulinitas milik Linda Tuncay. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya, khususnya pada penelitian mengenai tanda-tanda semiotika pada iklan dan juga maskulinitas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Mitos Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan Televisi
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Marketing > Commercial Products
Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Azzahra Nur Namira
Date Deposited: 30 Aug 2018 09:17
Last Modified: 08 Nov 2018 08:01
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item