FENOMENA BEAUTY INFLUENCER PEREMPUAN DI INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF FEMINISME MARXIS (STUDI FENOMENOLOGI PADA AKUN INSTAGRAM @MICELLESTEADY)

Bakti, Rizqika Arrum (2018) FENOMENA BEAUTY INFLUENCER PEREMPUAN DI INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF FEMINISME MARXIS (STUDI FENOMENOLOGI PADA AKUN INSTAGRAM @MICELLESTEADY). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. COVER .pdf - Submitted Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB 1-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Era modern yang terus berkembang pesat dari masa ke masa mampu melahirkan berbagai macam profesi baru, salah satunya adalah influencer. Influencer merupakan sebuah titel yang diberikan kepada orang-orang yang berpengaruh di mata publik dan memiliki banyak fans / pengikut dalam media sosial seperti Instagram. Hal ini menjadikan semakin maraknya fenomena influencers perempuan di Indonesia, terutama dalam industri kecantikan. Bagi sebagian besar orang, ini merupakan hal yang positif karena menunjukkan bahwa perempuan juga mampu menunjang karier lewat platform baru yang tentunya akan menambah peluang untuk bekerja. Di sisi lain, apabila ditelusuri lewat kacamata Feminisme Marxis, perempuan-perempuan ini hanya dimanfaatkan sebagai “alat” kaum kapitalis dalam meraup keuntungan. Dengan menggunakan analisis fenomenologi, peneliti meneliti bagaimana Micelle Steady (@micellesteady), seorang beauty influencer, memaknai profesi dirinya serta mencari tahu konsistensi logis, interpretasi subjektif, dan kecukupan yang ia miliki guna mengetahui sejauh mana dampak yang mampu ia berikan kepada fans / pengikutnya di Instagram.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Influencer Perempuan, Kecantikan, Media Sosial, Instagram, Fenomenologi, Feminisme Marxis
Subjects: Communication Science
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rizqika Arrum Bakti
Date Deposited: 31 Aug 2018 09:42
Last Modified: 31 Aug 2018 09:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item