Pengaruh Kampanye Komunikasi Lingkungan “River Clean Up” 4Ocean Terhadap Kesadaran Masyarakat Bali Untuk Tidak Membuang Sampah di Sungai

Putri, Asti Karina Aprilia (2019) Pengaruh Kampanye Komunikasi Lingkungan “River Clean Up” 4Ocean Terhadap Kesadaran Masyarakat Bali Untuk Tidak Membuang Sampah di Sungai. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye komunikasi lingkungan “River Clean Up” oleh 4Ocean Bali terhadap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Terdapat dua variabel di dalam penelitian ini, yaitu variabel X kampanye komunikasi lingkungan “River Clean Up” dengan dimensi: media, informasi, pendidikan, dan mobilisasi sosial; dan variabel Y kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai dengan dimensi: pengetahuan, sikap, dan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang disebar kepada 135 responden, yaitu warga RT 4 Lingkungan Terusan yang tinggal di pinggiran sungai Ijo Gading Jembrana Bali. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kampanye komunikasi lingkungan “River Clean Up” memiliki kontribusi yang signifikan yaitu mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai sebanyak 64,3%. Sisanya, sebanyak 35,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kampanye komunikasi lingkungan “River Clean Up” berpengaruh positif terhadap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Asti Karina Aprilia Putri
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:17
Last Modified: 14 Mar 2019 09:08
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item