Pemanfaatan Instagram Dalam Memasarkan Kategori Asli Indonesia Untuk Menciptakan Brand Positioning BLANJA.com

Purika, Rintya (2019) Pemanfaatan Instagram Dalam Memasarkan Kategori Asli Indonesia Untuk Menciptakan Brand Positioning BLANJA.com. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (PDF)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (661kB) | Preview
[img] Text (PDF)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (PDF)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Menjamurnya e-commerce di era digital sekarang ini, memengaruhi pola perilaku masyarakat yang sebelumnya melakukan belanja secara konvensional kemudian bergeser menjadi online shopping. Namun, tidak semua e-commerce berjalan dengan baik dalam segi promosi dan penjualan produk-produknya. Fenomena ini membuat Penelti tertarik dalam menelaah BLANJA.com melalui konten Instagramnya, dimana dalam konten tersebut digunakan sebagai promosi kategori Asli Indonesia. Konten Instagram yang disajikan, kurang merepresentasikan positioning BLANJA.com sebagai e-commerce yang berfokus pada UMKM di Indonesia. Penelitian ini dikaji menggunakan brand positioning oleh Keller, dan social media marketing oleh Lee et al. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis datanya dilakukan dengan in-depth interview dengan lima (5) informan, dan seorang triangulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand positioning BLANJA.com ialah e-commerce yang dimiliki negara dibawah naungan BUMN yang bekerjasama dengan eBay. Sedangkan, konten di Instagram BLANJA.com kurang merepresentasikan brand positioning tersebut. Hal ini tidak sejalan dengan misi BLANJA.com yang memberikan fokus pada pemberdayaan UMKM di Indonesia, selain itu BLANJA.com tidak konsisten dalam mempromosikan satu kategori saja menurut brief. Konten yang disajikan oleh BLANJA.com melalui Instagramnya memiliki ketertarikan sangat rendah (low engagement) dengan jumlah followers yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: e-commerce, brand positioning, Instagram BLANJA.com
Subjects: Business > Advertising
Marketing > Advertising

Marketing > Branding (Marketing)
Communication > Marketing Communications
Marketing > eCommerce
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rintya Purika
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:14
Last Modified: 14 Aug 2019 04:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item