Asmi, Eunike Melysa (2016) Analisis Gaya Hidup Otaku Mahasiswa di Jakarta dalam Membentuk Keputusan Pembelian Action Figure. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (595kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (941kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh populernya action figure di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta. Popularitas action figure diyakini dibawa oleh kelompok-kelompok yang memiliki minat besar terhadap action figure, salah satunya adalah otaku. Sebagai salah satu kelompok masyarakat yang membawa budaya asing, Jepang, otaku tentu memiliki gaya hidup yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup otaku, khususnya otaku mahasiswa di Jakarta, dapat membentuk keputusan dalam membeli action figure. Kerangka penelitian menggunakan dimensi AIO (Activity, Interest, Opinion) untuk menganalisis gaya hidup otaku dan digabungkan dengan proses dalam memutuskan pembelian action figure. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang didapatkan melalui studi pustaka dan wanacara. Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian adalah gaya hidup otaku mahasiswa di Jakarta yang mengonsumsi action figure. Narasumber yang dipilih untuk penelitian ini adalah otaku mahasiswa yang berdomisili di Jakarta dan penjual action figure. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa minat otaku yang besar terhadap hobinya dapat membentuk gaya hidup otaku yang konsumtif, terutama dalam membentuk keputusan pembelian action figure. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk dilakukan penelitian yang lebih banyak mengenai perilaku konsumtif otaku dari berbagai aktivitas lainnya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya hidup, keputusan pembelian, otaku, action figure, lifestyle, decision making purchase, otaku, action figure |
Subjects: | Communication Science Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Eunike Melysa Asmi |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 06:53 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/252 |
Actions (login required)
View Item |