Kurniawan, Gilang (2019) Diplomasi Publik Amerika Serikat Dalam Sektor Pendidikan di Indonesia (Studi Kasus: Fulbright Program Tahun 2008 - 2018). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (778kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV-V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB VI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (367kB) | Preview |
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat seperti apakah penerapan Diplomasi Publik Amerika Serikat dalam sektor pendidikan di Indonesia dengan multitrack diplomacy melalui Fulbright Program tahun 2008 – 2018. Dengan didukung oleh sumber daya kekuatan negara yaitu pendidikan (Soft Power) dan kekuatan ekonomi (Hard Power) yang dimiliki Amerika Serikat dan digunakan sebagai sumber dayapenting dan berpengaruh untuk melakukan Diplomasi Publik dalam sektor pendidikan di Indonesia melalui Fulbright Program. Kerjasama antara kedua negara tersebut terus berkembang sehingga dibentuknya AMINEF sebagai Komisi Fulbright di Indonesia. Penerapan Fulbright Program di Indonesia tahun 2008 – 2018 antara kedua negara telah menciptakan pola kerjasama yang disepakati melalui sebuah MoU/Implementing Arrangement/Project Arrangement. Selain itu, juga menciptakan pola aktor-aktor yang terlibat baik Pemerintah, non-Pemerintah, Sektor Bisnis dan Lembaga atau Institusi Pendidikan di Indonesia maupun Amerika Serikat. Implementasi dan Dinamika penerapan Fulbright Program di Indonesia tahun 2008 – 2018 juga tergambarkan melalui program-program yang dijalankan serta dinamika yang terjadi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa Amerika Serikat telah berhasil menggunakan sumber daya kekuatan negara (Soft dan Hard Power) didalam melakukan Diplomasi Publik dalam sektor pendidikan di Indonesia melalui Fulbright Program tahun 2008 – 2018.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soft dan Hard Power, Diplomasi Publik, Pendidikan, Indonesia, Amerika Serikat, AMINEF, Fulbright Program, 2008 – 2018. |
Subjects: | Political Science > International Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Gilang Kurniawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 09:14 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 09:14 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |