Ewita Arumia, Meisa (2019) ANALISIS STRATEGI CITY BRANDING KABUPATEN KARAWANG BERDASARKAN MODEL KOMUNIKASI CITRA KOTA KAVARATZIS. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (918kB) | Preview |
Text (PDF)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (91kB) | Preview |
Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
City branding diartikan sebagai sebuah proses pembentukan merek kota atau daerah agar dikenal oleh target pasar (investor, tourist, talent, event) kota tersebut dengan menggunakan ikon, slogan, eksibisi, serta positioning yang baik dalam berbagai bentuk media promosi. Persaingan sengit antara satu kota dengan kota yang lainnya, memotivasi pemerintah kota untuk memanfaatkan metode pemasaran kota. Seperti halnya Kabupaten Karawang yang baru mempraktekkan konsep city branding. Sebagai penyokong ibu kota, Karawang seringkali berada di bawah bayang-bayang kota lain di sekitarnya. Oleh karena itu, Karawang berupaya melakukan city branding agar identitas dan positioning kota tersebut tersampaikan kepada khalayak yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi city branding Kabupaten Karawang melalui model Komunikasi Citra Kota Kavaratzis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan Kepala Divisi Humas Diskominfo Kabupaten Karawang. Pada dimensi komunikasi tersier ditemukan bahwa, dari 10 informan (masyarakat Karawang) hanya 3 orang yang mengetahui city branding Kabupaten Karawang, bahkan sebagian dari informan tersebut tidak mengetahui bahwa Karawang melakukan city branding. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh Karawang yaitu memanfaatkan buzz marketing, dengan menciptakan isu-isu yang trending topic di media sosial. Menciptakan isu yang trending topic tidak termasuk komunikasi sekunder, bukan iklan. Akan tetapi tergolong komunikasi tersier, namun bukan akibat dari komunikasi primer maupun sekunder.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Branding, Merek Kota, Citra Kota, Kabupaten Karawang, Kavaratzis |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Meisa Ewita Arumia |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 07:39 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 07:39 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2725 |
Actions (login required)
View Item |