Putra, Januarialdo (2016) Pengaruh Event Marketing dan E-Service Quality terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan untuk Aplikasi Music Streaming JOOX di Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (540kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh event marketing dan e-service quality terhadap peningkatan loyalitas pelanggan untuk aplikasi music streaming JOOX di Jakarta. Variabel event marketing memiliki tiga indikator yaitu, brand involvement, event involvement dan brand and event fit. Variabel e-service quality memiliki empat indikator yaitu, efficiency, fulfillment, system availability dan privacy. Variabel loyalitas pelanggan memiliki dua indikator yaitu, word of mouth dan intention (intent). Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini disebarkan kepada 150 responden yang merupakan pengguna aplikasi JOOX yang berad di Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen (event marketing dan e-service quality) terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel dependen (loyalitas pelanggan). Dapat disimpulkan bahwa JOOX berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada penggunanya. Terbukti dengan kegiatan yang sudah diselenggarakan mampu mendapat respon positif dan membuat mereka yang hadir di acara tersebut merasa puas dan senang. Selain itu, JOOX merupakan aplikasi music streaming yang berbeda dengan yang lainnya dari segi kualitas pelayanannya karena pengguna merasakan langsung manfaat yang didapat. Hasil penelitian ini menyarankan sebaiknya JOOX bisa lebih sering intens mengadakan berbagai macam kegiatan setidaknya dua bulan sekali guna mempererat ikatan antara JOOX dengan penggunanya dan meningktakan hubungan diantara pengguna. Semakin sering JOOX mengadakan acara yang melibatkan penggunanya, maka self esteem didalam dirinya pun semakin meningkat. Selanjutnya, hal tersebut akan mampu meningkatkan loyalitas mereka kepada JOOX. Dilihat dari kualitas pelayanannya sebaiknya terus berkreasi dan berinovasi dengan menciptakan fitur baru seperti tersedianya kunci alat musik/notasi balok dan audio recording untuk merekam suara, karena perkembangan industri musik sangatlah pesat dan tentunya pelanggan juga mengharapkan sesuatu yang baru nantinya seiring berjalannya waktu sehingga JOOX bisa mempertahankan eksistensinya di industri musik di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Event Marketing, E-Service Quality, Loyalitas Pelanggan, Aplikasi Streaming Musik dan JOOX |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Januarialdo Putra |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 07:02 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/273 |
Actions (login required)
View Item |