Representasi Bentuk Tubuh Perempuan Pada Iklan Shopee Blackpink 12.12

Purba, Eva Martina (2019) Representasi Bentuk Tubuh Perempuan Pada Iklan Shopee Blackpink 12.12. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pemboikotan iklan televisi pada Shopee yang terjadi pada Desember 2018. Iklan ini dibintangi oleh BLACKPINK, grup penyanyi yang berasal dari Korea Selatan. Pemboikotan berawal dari sebuah petisi online yang dibuat oleh Maimon, Herawati. Ia meminta KPI untuk melarang penayangan iklan Shopee yang karena pakaian yang digunakan oleh BLACKPINK memperlihatkan bentuk tubuh, khususnya paha. Ia mengatakan sekelompok perempuan dengan baju terbuka menari di televisi dengan memperlihatkan aurat melakukan gerakan dan ekspresi yang provokatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin apakah iklan Shopee BLACKPINK 12.12 ini mengandung erotisme atau gambaran bentuk tubuh perempuan. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Temuan utama dalam penelitian ini adalah kapitalisasi tubuh perempuan melalui iklan dengan menggunakan image perempuan yang kuat (powerful).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: semiotika Barthes, representasi, erotisme, iklan televisi
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eva Martina Purba
Date Deposited: 23 Aug 2019 09:37
Last Modified: 23 Aug 2019 09:37
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item View Item