ANALISIS IMPLEMENTASI SPECIAL EVENT: TOYOTA FOREST BAMBOO DI CITARUM SEBAGAI BENTUK STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS TOYOTA INDONESIA

Nugraha, Yudhistira Adi (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI SPECIAL EVENT: TOYOTA FOREST BAMBOO DI CITARUM SEBAGAI BENTUK STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS TOYOTA INDONESIA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan di Daeah Aliran Sungai Citarum dalam kondisi parah, dan menempati urutan ketiga sebagai tempat paling tercemar di dunia pada tahun 2013. Fenomena ini, mendorong banyak perusahan ikut membantu merevitalisasi lingkungan Sungai Citarum. Salah satunya adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dengan programnya yaitu “Toyota Forest Bamboo”. Program “Toyota Forest Bamboo” adalah salah satu campaign dari Toyota Indonesia yang merupakan bentuk kepedulian Toyota Indonesia terhadap lingkungan Sungai Citarum. Penelitian ini menjelaskan tentang brand yang merupakan representasi dari kepribadian produk yang dapat meningkatkan pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan strategi marketing public relations oleh Thomas L. Harris, dan konsep special event dari Goldblatt. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan Focus Group Discussion, dengan tujuh (7) orang informan, satu orang person in charge (PIC) Toyota Forest Bamboo, dan seorang triangulator. Program “Toyota Forest Bamboo” menggunakan strategi marketing public relations seperti Pull dan Pass, namun Pass strategy memiliki peran yang lebih besar dalam kegiatan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toyota Indonesia ialah brand otomotif yang peduli terhadap lingkungan, strategi Toyota Indonesia tersebut sejalan dengan Toyota value, namun, aspek publikasi yang dilakukan Toyota Indonesia di media online masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Toyota Forest Bamboo Project, Marketing Public Relations; Special Event; Toyota Indonesia
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudhistira Adi Nugraha
Date Deposited: 23 Aug 2019 12:21
Last Modified: 23 Aug 2019 12:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item