Analisis Strategi Business-To- Business Branding dari Perspektif Teori Hierarchy of Branding (Studi Kasus Pada Perusahaan Financial Technology Tada)

Wijaya, Geno Putra (2019) Analisis Strategi Business-To- Business Branding dari Perspektif Teori Hierarchy of Branding (Studi Kasus Pada Perusahaan Financial Technology Tada). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Menjamurnya fintech di Indonesia membuat persainganpun semakin ketat, kebanyakan diantaranya merupakan perusahaan B2C yang terfokus melakukan branding besar-besaran guna meningkatkan customer acquisition. Lain halnya dengan perusahaan finetch yang terfokus pada B2B saja. Branding yang dilakukan akan lebih rumit. Pada perusahaan fintech B2B, strategi branding yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan B2C, hanya saja nature nya sebagai perusahaan B2B akan menjadikan tantangan tersendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana brand TADA dapat berkembang dianalisis melalui level yang disebut hierarchy of branding. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada perusahaan TADA. Hasil analisis dari penelitian ini memperlihatkan bahwa secara keseluruhan TADA sudah melakukan tahapan dari hierarchy of branding yang meliputi brand awareness, brand knowledge, brand image, brand experience, brand loyalty, brand spirituality, namun belum dapat sepenuhnya berhasil dicapai dengan baik. Analisis dari hasil penelitian ini juga menunjukan adanya dua temuan, pertama yaitu bahwa B2B branding yang dilakukan TADA berorientasikan kepada selling dan belum memiliki strategi yang sistematis dan terintegrasi dengan baik, dan yang kedua yaitu TADA cenderung menggunakan strategi edukasi dalam melakukan B2B branding-nya. Penelitian ini merekomendasikan untuk mulai memikirkan strategi branding yang sistematis, strategis dan terpadu sebagai bagian dari investasi komunikasi masa depan, sebagaimana ditunjukkan misalnya oleh IBM sebagai perusahaan teknologi dengan karakter business-to-business branding yang sukses.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Additional Information: Alimen Nazli. 2010. Dimention of Brand Knowledge. Journal of Enterprise Information Management. 23(4):538-558 Hussein, Rahayu, Pranadata. 2017. Analsis Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Perceived Value, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4 (2): 217-227 Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Justin, deMontigny. (2017). 6 Elements of a Winning B2B Brand Strategy. Desember 28, 2017 Kapferer, J.N. (1997) Strategic Brand Management. London: kogan Page Limited. Kotler, Philip. (1996). Marketing. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler, P., Pfoertsch, W. (2006). B2B Brand Management. Berlin: Springer. Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning. Maheshwari, Lodorfos & Jacobsen. 2014. Determinants of Brand Loyalty: A Study of the Experience-Commitment-Loyalty Constructs. International Journal of Business Administration. 5(6):13-23 Moleong, L. J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Robert K. Yin. (1989). Case Study Research Design and Methods. Washington: COSMOS Corporation Setiadi dalam Evelina, et al. (2013). Perilaku konsumen. Kakarta, Kencana Prenada Media group. Siagian, Sondang P. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sondang, Siagian. (1996), Analisis serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi. Jakarta: PT. Gunung Agung. Supriyono. (1985). Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis. Yogyakarta : BPFC. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Wijaya, Bambang Sukma. 2013. Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31): 55-65. https://stratabeat.com/winning-b2b-brand-strategy-6-elements/
Uncontrolled Keywords: Business-to-business branding, Hierarchy of branding, financial technology, TADA
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Geno Putra Wijaya
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:53
Last Modified: 26 Aug 2019 06:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item