Peran Etika Bisnis dan Religiositas Dalam Pembuatan Keputusan Etis Mahasiswa Bisnis Universitas Bakrie

Lucyanda, Jurica and Endro, Gunardi (2020) Peran Etika Bisnis dan Religiositas Dalam Pembuatan Keputusan Etis Mahasiswa Bisnis Universitas Bakrie. Universitas Bakrie. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (pdf)
006-2020 Laporan Akhir Penelitian Internal UB 2019_Jurica Lucyanda_TTD.pdf - Draft Version

Download (877kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji peran etika bisnis dan religiositas dalam pembuatan keputusan etis mahasiswa bisnis Universitas Bakrie. Dalam literatur pembuatan keputusan etis menjelaskan bahwa dalam pembuatan keputusan etis dipengaruhi oleh faktor internal yang sifatnya individual dan faktor eksternal yang sifatnya situasional. Hasil telaah literatur terkait penelitian pembuatan keputusan etis yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan hasil empiris yang masih beragam (mixed results). Selain itu disimpulkan perlu adanya penelitian untuk menggali faktor-faktor individual dan situasional lain yang kemungkinan memengaruhi pembuatan keputusan etis. Penelitian ini berusaha mengisi kesenjangan hasil telah yang dilakukan penelitian sebelumnya. Faktor eksternal (situasional) dan internal (individual) yang digunakan adalah etika bisnis dan religiositas yang diduga memengaruhi pembuatan keputusan etis mahasiswa bisnis di Universitas Bakrie. Untuk menguji hipotesis yang diajukan, penelitian ini menggunakan metoda eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen, yaitu variabel etika bisnis dan religiositas. Variabel etika bisnis sebagai faktor eksternal dan variabel religiositas sebagai faktor internal yang diduga memengaruhi pembuatan keputusan etis mahasiswa bisnis Universitas Bakrie. Variabel gender digunakan sebagai kovariat dalam penelitian ini untuk melihat efek interaksi religiositas dengan gender. Hasil penelitian menemukan bahwa mata kuliah etika bisnis dan religiositas berpengaruh terhadap pembuatan keputusan etis mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa interaksi gender dan religiositas tidak berpengaruh terhadap pembuatan keputusan etis mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teori, kontribusi metodologi dan kontribusi praktik dalam literatur pembuatan keputusan etis khususnya di bidang penelitian etika dalam pendidikan. Bentuk luaran dari penelitian ini adalah publikasi artikel di jurnal nasional bereputasi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis, gender, pembuatan keputusan etis, religiositas
Subjects: Business > Business Ethics
Science Paper > Research Report
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Ahmad Yani
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:45
Last Modified: 23 Aug 2020 04:45
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item