Darmawan, Yahzid Hafist (2020) Pengaruh Label Halal Terhadap Preferensi Merek Pada Konsumen Muslim J.CO Plaza Festival Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Ccover)
00 Cover.pdf.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kehalalan sebuah produk pangan menjadi hal yang sangat diperhatikan bagi umat Muslim di Indonesia maupun di dunia. Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam. J.CO menjadi salah satu brand makanan yang sampai saat ini di pertanyakan kehalalan nya oleh konsumen, karena beberapa waktu lalu J.CO sendiri mendapatkan issue yang tidak enak, yaitu mereka dituduh menggunakan minyak babi dalam produksi produk nya. Berdasarkan pada klarifikasi yang dilakukan oleh MUI melalui halalmui.org menyatakan bahwa toko roti Breadtalk sudah tidak bersertifikat halal atau izin sertifikasi halal produk tersebut sudah dicabut dan belum di perpanjang, Hal ini juga serupa dengan kasus yang menerpa Toko Donut J.CO yang sempat ramai di kalangan penikmat donut tersebut, pasal nya J.CO dan breadtalk sendiri berasal dari satu perusahaan Johny Andrean, dan kedua brand tersebut belum mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, Pihak J.CO pun merespon hal tersebut dengan mengatakan semua bahan yang mereka gunakan merupakan bahan bahan yang dilarang oleh BPOM maupun MUI. Dari adanya isu terkait tidak adanya label halal pada toko donat J.CO. Penelitian ini bertujuan Untuk mengukur pengaruh label halal terhadap preferensi merek pada konsumen muslim J.CO di Plaza Festival Jakarta. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yakni variabel X label halal dan variabel Y preferensi merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey yang di sebar kepada 78 sampel yakni konsumen muslim J.CO yang merupakan mahasiswa aktif ilmu komunikasi bakrie, angkatan 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel X yaitu Label Halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y yaitu Preferensi Merek. Hal ini dapat dilihat dari probalitas 0,02 < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel label halal berpengaruh signifikan terhadap preferensi merek konsumen muslim J.CO. sehingga dapat dikatakan bahwa variabel label halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi merek konsumen muslim J.CO. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa label halal memiliki pengaruh terhadap preferensi merek konsumen muslim J.CO Plaza Festival. Kata kunci : Label Halal, Preferensi, Konsumen, J.CO Plaza Festival.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label Halal, Preferensi, Konsumen, J.CO Plaza Festival |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yahzid Hafist Darmawan |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 12:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 12:32 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3784 |
Actions (login required)
View Item |