Analisis Motif Milenial Jakarta dalam Mendengarkan Virgin Radio Jakarta di tengah Maraknya Aplikasi Musik Streaming

Talitha, Nindy Rahma (2020) Analisis Motif Milenial Jakarta dalam Mendengarkan Virgin Radio Jakarta di tengah Maraknya Aplikasi Musik Streaming. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.cover.pdf - Submitted Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01.BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (510kB) | Preview

Abstract

Maraknya penggunaan aplikasi musik streaming, menjadi ancaman bagi radio di era digital ini. Namun ternyata, di tahun 2019 jumlah pendengar radio meningkat pesat daripada tahun-tahun sebelumnya (berdasarkan data dari PRSSNI atau Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia). Jumlahnya di tahun 2018 sebesar 7.847.000 orang, sementara di tahun 2019 sebanyak 11.126.000 orang. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mencari tahu apa yang menjadi motif dari pendengar radio yang masih setia, padahal sudah ada aplikasi yang menawarkan musik tanpa gangguan. Penelitian kualitatif ini dilakukan terhadap Virgin Radio Jakarta sebagai objek, dan pendengarnya sebagai subjek. Data pun diambil dengan teknik wawancara mendalam semi-terstruktur dengan menggunakan teori Motif Penggunaan Media sebagai penuntun utama. Dari hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa motif pendengar yang terbesar dalam mendengarkan Virgin Radio Jakarta adalah motif hiburan, terbesar kedua adalah motif informasi, lalu motif interaksi dan integrasi sosial, serta motif identitas pribadi yang menjadi dorongan paling kecil. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan Virgin Radio Jakarta dapat memperbaiki kekurangannya, serta meningkatkan keunggulan-keunggulannya dalam mengatur strategi untuk bersaing dengan aplikasi streaming musik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: motif, aplikasi musik streaming, radio, Virgin Radio Jakarta
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nindy Rahma Talitha
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:33
Last Modified: 11 Sep 2020 06:33
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item