ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS KEMENTERIAN ESDM MELALUI INSTAGRAM DALAM PROGRAM RUANG BICARA ENERGI UNTUK MENGELOLA CORPORATE IMAGE (Studi Kasus: @kesdm)

Siregar, Dian Khairani (2020) ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS KEMENTERIAN ESDM MELALUI INSTAGRAM DALAM PROGRAM RUANG BICARA ENERGI UNTUK MENGELOLA CORPORATE IMAGE (Studi Kasus: @kesdm). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam serta mineralnya, tetapi persoalannya ialah Indonesia yang sudah didominasi oleh generasi milenials Y dan Z ternyata belum memiliki kesadaran diri untuk ingin berkecimpung di dunia industri minyak dan gas. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kesadaran anak muda dalam mengelola industri minyak dan gas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengadakan suatu Program Temu Netizen XVI dengan judul acara “Anak Negeri Kelola Migas, Bisa!” yang diadakan pada tanggal 12 September 2019 lalu, yang mana sebelum kegiatan berlangsung, Kementerian ESDM memanfaatkan media sosial Instagram (@kesdm) sebagai bentuk penerapan strategi cyber public relations yang diharapkan dapat mengelola corporate image dari Kementerian ESDM itu sendiri. Analisis penelitian ini menggunakan strategi cyber public relations oleh Philips&Young (2009), dan corporate image oleh Hawkins (2012). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil yang menunjukkan bahwa strategi cyber public relations pada Program Ruang Bicara Energi melalui Instagram untuk mengelola corporate image sudah berhasil walaupun masih perlu perbaikan dari segi konsistensi publikasi konten. Selain itu, ditemukan dari segi pengenalan audiens, dan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian ESDM kurang ditangani secara serius. Dengan demikian, walaupun corporate image dari Kementerian ESDM dikatakan berhasil, tetapi dari segi media relations dari Kementerian ESDM belum tergambarkan dari pengemasan konten yang disajikan sebagai bentuk strategi cyber public relationsnya. Sehingga, strategi cyber public relations yang dilakukan untuk mengelola corporate image dikatakan berhasil walaupun belum maksimal betul.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi, cyber Public Relations, Instagram @kesdm, dan citra perusahaan.
Subjects: Communication Science > Public Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dian Khairani
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:01
Last Modified: 23 Sep 2020 07:01
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item