PEMODELAN DAN ANALISIS GETARAN PADA PERLETAKAN JEMBATAN BENTANG PANJANG 60 METER DENGAN ASPEK KEAMANAN DAN KENYAMANAN (STUDI KASUS: JEMBATAN BOGEG, SERANG, BANTEN)

KHADAFI, MUHAMMAD (2020) PEMODELAN DAN ANALISIS GETARAN PADA PERLETAKAN JEMBATAN BENTANG PANJANG 60 METER DENGAN ASPEK KEAMANAN DAN KENYAMANAN (STUDI KASUS: JEMBATAN BOGEG, SERANG, BANTEN). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
A.COVER_removed.pdf - Submitted Version

Download (850kB) | Preview
[img] Text (BAB 1-3)
B.BAB 1-3_removed.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
C.BAB 4_removed.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
D.KESIMPULAN_removed.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
E.D.PUSTAKA_removed.pdf - Submitted Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
F.LAMPIRAN_removed.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Banyak jenis beban yang bekerja pada suatu struktur jembatan akan menimbulkan getaran. Semakin banyak dan bervariasi gaya yang bekerja terhadap sistem maka akan semakin besar getaran yang terjadi. Getaran yang terjadi secara berlebih dan disebabkan oleh dua arah yang berbeda bila dibiarkan akan menyebabkan kegagalan pada struktur. Sehingga, getaran yang berlebih akan mebahayakan struktur jembatan. Terdapat beberapa teknik dalam kasus ini, yaitu teknik untuk mengurangi getaran yang terjadi terhadap struktur jembatan adalah dengan memberikan LRB (Lead Rubber Bearing). LRB prinsipnya iyalah menetralkan gaya yang terjadi pada tumpuan dari struktur jembatan. Lokasi pemasangan LRB terletak di bagian tumpuan struktur dan ujung dari kolom jembatan itu sendiri. Teknik ini mampu mereduksi getaran yang besar yang terjadi dari kedua arah baik dari atas maupun dari bawah pada struktur jembatan sehingga LRB pergerakannya akan mengikuti arah dari pergerakan jembatan itu sendiri. Penelitian atau percobaan ini mengulas cara memodelkan struktur jembatan dan analisis pada sistem jembatan yang diakibatkan oleh getaran dua arah yaitu dari getaran yang bekerja diatas struktur jembatan dan getaran yang bekerja dari bawah yang disebabkan oleh kereta api yang berada disamping kolom dari struktur jembatan. Pada analisis jembatan ini adalah mengetahui pengaruh dari keberadaan LRB atau tidaknya penggunaan LRB kepada respon dinamis yang berdampak kepada keamanan dan kenyamanan. Jembatan yang digunakan adalah bentang 60 meter, jembatan terbuat dari rakitan pelat baja yang dimodelkan efisien untuk bentang 60 meter dan dikompositkan. Pemodelan dilakukan menggunakan aplikasi STAAD PRO V8i. Input beban yang digunakan sesuai dengan peraturan yang tertera di SNI. Untuk getaran yang terjadi akibat kereta api menggunakan data asumsi dari berbagai refrensi dikarenakan keterbatasan data lapangan, agar dapat mewakili input beban dari bawah sehingga dapat dihitung impact pada struktur.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Getaran, Jembatan Baja, Peredam Getaran, LRB, Periode, Analisis Modal
Subjects: Civil Engineering > Bridge Engineering
Civil Engineering > Steel Structure
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: MUHAMMAD KHADAFI
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:31
Last Modified: 13 Oct 2020 06:31
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item