ANALISIS ISI KUALITATIF CITRA PEREMPUAN FIT DALAM IKLAN YOUTUBE SPORTSWEAR GYMSHARK THE FLEX EFFECT

Zahra, Alfira Fathia (2020) ANALISIS ISI KUALITATIF CITRA PEREMPUAN FIT DALAM IKLAN YOUTUBE SPORTSWEAR GYMSHARK THE FLEX EFFECT. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy

Abstract

Citra sangat erat kaitanya dengan media karena dianggap memiliki kemampuan untuk mempengaruhi persepsi khalayak tentang produk yang ditawarkan. Tidak jarang pengiklan memanfaatkan figur perempuan sebagai objeknya. Objek yang ditampilkan dalam iklan tidak semata-mata tampil apa adanya tetapi telah dikonstruksi melalui proses pencitraan, dan didalam citra perempuan terdapat konstruksi sosial terhadap peran gender perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perempuan fit dicitrakan dalam iklan produk olahraga dan kebugaran. Selain itu, penelitian ini ditinjau dari konsep peran gender dan berdasarkan kategorisasi citra perempuan di media temuan Tomagola . Harapan dari penelitian ini adalah munculnya pemikiran kritis terhadap iklan di media selaku agen perubahan yang memiliki peranan besar dalam mensosialisasikan nilai-nilai di masyarakat, sehingga di masa yang akan datang pandangan terhadap perempuan dapat lebih proposional. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif (qualitative content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi dan in-depth interview. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa citra perempuan dalam iklan Gymshark The Flex Effect dikategorikan kedalam tiga citra yaitu Citra Pigura dan Citra Pergaulan yang mewakili peran publik yang menggambarkan perempuan sebagai makhluk yang memiliki keharusan untuk sungguh-sungguh merawat dirinya, menonjolkan daya tarik biologisnya dan mengaksentuasikan bagian tubuh tertentu sehingga dapat tampil memikat agar dapat diterima di arena pergaulan luas, serta Citra Peraduan yang mewakili peran domestik yang memposisikan perempuan sebagai objek kepuasan laki-laki. Kata kunci: Citra Perempuan, Peran Perempuan, Stereotip, Komodifikasi, Iklan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Citra Perempuan, Peran Perempuan, Stereotip, Komodifikasi, Iklan.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alfira Fathia Zahra
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:02
Last Modified: 15 Oct 2020 07:02
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item