ANALISA DEFORMASI JEMBATAN BENTANG PANJANG(LONGSPAN) DENGAN METODE KONSTRUKSI BALANCED CANTILEVER BETON PRATEGANG (PRESTRESS) POST-TENSIONED

Pratiwi, Galuh Febriyani (2021) ANALISA DEFORMASI JEMBATAN BENTANG PANJANG(LONGSPAN) DENGAN METODE KONSTRUKSI BALANCED CANTILEVER BETON PRATEGANG (PRESTRESS) POST-TENSIONED. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Jembatan bentang panjang dibuat karena terdapat kendala tertentu pada proses konstruksi. Jembatan beton prategang dengan metode konstruksi balanced cantilever memerlukan teknologi yang lebih canggih dan kemampuan kerja yang memadai. Gelagar yang digunakan adalah box girder karena ketahanan torsi yang cukup tinggi dan berat sendiri yang relatif lebih ringan. Jembatan direncanakan dengan struktur melayang pada ketinggian 9-12 meter di atas permukaan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar displacement, model retak yang terjadi dan kebutuhan tendon prategang yang dibutuhkan pada struktur. Tendon prategang terdiri dari kabel strand pada struktur jembatan dengan menggunakan stressing post-tensioned dimana beton akan dilakukan pengecoran terlebih dahulu dan kemudian stressing dilakukan ketika beton mencapai kekuatan 80%. Proses konstruksi ini dilakukan secara cast in situ dengan mutu beton yang tinggi dan menggunakan metode konstruksi balanced cantilever box girder secara segmental. Tendon prategang akan menopang beban mati pada struktur selama masa konstruksi, dan juga untuk menopang kekuatan struktur selama masa layan pada jembatan dengan panjang bentang >100m. Tendon prategang dipasang di beberapa bagian pada box girder. Desain jembatan dimodelkan dan dihitung menggunakan metode analisa numerik sesuai dengan SNI T-12-2004 tentang Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Prestress Concrete, Stressing, Deformation, Post-Tensioned, Longspan Bridge
Subjects: Civil Engineering > Bridge Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Febriyani Galuh Pratiwi
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:59
Last Modified: 19 Feb 2021 08:59
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4486

Actions (login required)

View Item View Item