Menelusuri Praktik Search Engine Optimazation (SEO) di Media Siber dan Dampaknya bagi Jurnalisme (Studi pada Kompas.com, Tempo.co, Tirto.id, dan Liputan6.com)

Eddyono, Aryo S. (2020) Menelusuri Praktik Search Engine Optimazation (SEO) di Media Siber dan Dampaknya bagi Jurnalisme (Studi pada Kompas.com, Tempo.co, Tirto.id, dan Liputan6.com). Universitas Bakrie. (Unpublished)

[thumbnail of pdf] Text (pdf)
FIX Laporan riset internal - SEO dan ruang redaksi- Aryo S Eddyono ttd.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Persaingan di media siber semakin ketat. Di satu sisi harus bersaing dengan sesama media siber, di sisi lain harus menghadapi platform digital lainnya. Dalam tingkat global, media siber harus bersaing dengan raksasa digital seperti Google dan Facebook. Persaingan berdampak pada strategi peningkatan traffic seoptimal mungkin. Strategi yang mulai masif dilakukan adalah SEO (Search Engine Optimazitation). Strategi SEO pada konten berita ditandai dengan memanfaatkan keramaian sebuah isu, lalu memfabrikasinya berulang-ulang dengan membuat tulisan sebanyak-banyaknya. Kata-kata kunci terkait isu yang tengah ramai itu ditanamkan terus-menerus di dalam isi berita. Akhirnya, berita-berita tersebut akan muncul di urutan atas mesin pencari. Penulis tertarik mengamati bagaimana media siber (dalam hal ini adalah Kompas.com, Tirto.id, Tempo.co, dan Liputan6.com) mengelola konten-kontennya berbasis SEO. Apa saja yang dilakukan agar strategi SEO berjalan lancar, termasuk mengamati dinamika di dalam ruang redaksi (penolakan maupun penerimaan awak redaksi). Tak lupa, peneliti akan menganalisis dampak dari fenomena ini terhadap keberadaan jurnalisme itu sendiri. Data diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat akan dikroscek satu sama lain, sehingga kebenaran informasi bisa dipertanggungjawabkan. Temuan penelitian ini adalah empat media yang diteliti menyepakati bahwa SEO adalah sebuah cara atau salah satu upaya meningkatkan traffic agar iklan bisa tumbuh. Media siber harus segera berubah mengikuti logika SEO, jika tidak maka akan kalah bersaing. Namun tidak hanya bicara soal kalah dan menang dalam persaingan merebut iklan, menjalankan SEO lalu tampil dalam halaman terdepan pencarian Google secara politis berarti juga mempertaruhkan nama baik menjadi yang terdepan di antara media lainnya. Masing-masing media siber yang kami teliti berupaya melakukan penyadaran ke awak redaksinya agar bersedia menjalani SEO. Manajemen berupaya melakukan beragam cara agar pemahaman SEO bisa diterima seluruh awak media. Selain terus-menerus melakukan sosialisasi, redaksi menyiapkan pabrik konten di daerah, dan membuat kebijakan page view bagi awak redaksi sehingga mau tidak mau mengikuti logika SEO. Ada batas-batas yang sengaja dibuat agar redaksi, ketika menerapkan SEO, tetap menghadirkan informasi berkualitas. Media yang kami teliti khawatir jika terlalu mengikuti selera SEO akan berdampak pada nama baik media itu sendiri, takut dicap sebagai media “budak” SEO yang mengorbankan kualitas jurnalisme. Ketika semua jurnalis diarahkan semikian rupa memenuhi target demi target page view, dampak pada jurnalisme adalah menurunnya kualitas jurnalisme dan rusaknya keragaman informasi. Merujuk Bagdikian dan McChesney, jurnalis sulit diandalkan dalam menyajikan konten yang berkualitas jika didera target-target demi hasrat pemilik media mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Menariknya, belum ada bukti kuat pertumbuhan pendapatan ketika media siber beramai-ramai menggunakan SEO dalam meningkatkan traffic. Pertumbuhan traffic memang sangat terasa ketika SEO dipakai. Tapi, dengan kue iklan yang masih terbatas rasa-rasanya persaingan media siber akan semakin berat. Tren SEO ibarat menjalani hari yang tak pasti sembari mengorbankan jurnalisme.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: SEO (Search Engine Optimazitation), Media Siber, Traffic, Jurnalisme, Keragaman Informasi
Subjects: Communication Science > Journalism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:53
Last Modified: 01 Mar 2021 04:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item