OPTIMALISASI CONTENT MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Auliya'a, Annisa Nurul (2021) OPTIMALISASI CONTENT MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.cover.pdf - Submitted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi memberikan dampak besar dalam berbagai aspek. Salah satu yang terdampak di Indonesia adalah UMKM, dimana pada masa pandemi Covid-19 ini sebagian besar masyarakat melakukan semua aktivitas dari rumah. Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk melakukan komunikasi pemasaran secara online, karena pengguna aktif Instagram yang cukup tinggi. Hal utama yang dilihat dari Instagram yaitu foto dan video, konten yang disajikan pada Instagram menjadi salah satu penentu daya tarik pengguna untuk melihat suatu akun atau berinteraksi lebih. Di masa pandemi Covid-19 Instagram dapat menjadi salah satu platform media sosial yang efekif dalam melakukan pemasaran, akan tetapi masih banyak UMKM yang belum mengelola akun Instagram yang dimiliki secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana penerapan content marketing di Instagram dilakukan secara maksimal sehingga dapat menjadi salah satu strategi adaptasi UMKM di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dikaji menggunakan teori strategi content marketing oleh Philip Kotler (2017), dengan menganalisis dari strategi content marketing di Instagram yang dilakukan oleh salah satu UMKM di Karawang yaitu Cakwe’in. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode studi kasus instrumental dan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Cakwe’in telah menerapkan delapan strategi content marketing yang dikemukakan oleh Philip Kotler. Dari strategi yang telah diterapkan masih terdapat beberapa kekurangan salah satunya konten yang disajikan masih dominan bersifat hard selling dan tidak shareable, sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk pengembangan konten yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Covid-19, UMKM, Instagram, Content Marketing.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisa Nurul Auliya
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:03
Last Modified: 08 Sep 2021 12:10
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item