Widyaningsih, Kiftinaya Mayanda (2021) ANALISIS TINGKAT RESONANSI MEREK GENRE PADA KOMUNITAS DUTA GENRE. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (302kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (116kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
Abstract
Genre Indonesia yang dibentuk oleh BKKBN membuat program-program untuk mencegah persoalan remaja seperti seks pra-nikah, NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif), penularan HIV/AIDS dan pernikahan dini. Program tersebut digerakan oleh Duta Genre sebagai tokoh utama Genre Indonesia. Dengan adanya peranan penting yang dijalankan oleh Duta Genre maka dirasa perlu adanya keterikatan mendalam dengan Genre Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya Komunitas Duta Genre dalam membentuk resonansi Genre Indonesia dari perspektif branding melalui sejumlah aktivitas yang dijalankan oleh Duta Genre. Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan piramida brand resonance oleh Keller (2013) dan brand community oleh Kotler dan Keller (2016). Sedangkan subyek penelitian ini merupakan Direktur BKKBN dan beberapa perwakilan Duta Genre. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara mendalam, metode dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh Duta Genre merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga terdapat rasa kebanggaan mereka menjadi Duta Genre. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Keller bahwa adanya loyalitas, keterikatan sikap, rasa komunitas, dan keterlibatan aktif dapat membentuk resonansi merek. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Duta Genre telah mencapai tingkatan tertinggi yaitu resonansi merek dengan didukung oleh adanya impression management yang baik dari Duta Genre. Kata kunci: Resonansi Merek, Komunitas Merek, Branding, Duta Genre, Genre Indonesia, Forum Genre Indonesia, BKKBN.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resonansi Merek, Komunitas Merek, Branding, Duta Genre, Genre Indonesia, Forum Genre Indonesia, BKKBN. |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Kiftinaya Mayanda Widyaningsih |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 10:04 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 10:04 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5115 |
Actions (login required)
View Item |