STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MENGAJAK RELAWAN BERGABUNG DI KOMUNITAS KAKAK ASUH SELAMA SITUASI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Kakak Asuh di Bekasi)

Indriana, Annisa (2021) STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MENGAJAK RELAWAN BERGABUNG DI KOMUNITAS KAKAK ASUH SELAMA SITUASI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Kakak Asuh di Bekasi). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan hal yang penting dilakukan untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada target sasaran. Melalui perencanaan strategi komunikasi yang matang, maka tujuan (goals) dari suatu program kegiatan yang terbentuk dapat tercapai. Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas Kakak Asuh di Bekasi dalam program kerja “Kakak Asuh Mengajar”. Penelitian ini menggunakan komponen strategi komunikasi yang terdiri dari lima elemen komunikasi. Kemudian untuk teknik analisis penelitian dilakukan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen komunikasi yang terdiri atas khalayak sasaran, pesan komunikasi, menetapkan metode, media komunikasi, dan peranan komunikator. Ditemukan dari elemen menetapkan metode belum dilakukan secara optimal yakni metode pengajaran hybrid. Terdapat dua faktor, faktor eksternal yang dihadapi adalah media komunikasi dalam menjembatani peserta didik dengan fasilitator saat kegiatan mengajar dilakukan kurang efektif sehingga pesan komunikasi yang disampaikan pada khalayak sasaran menjadi tidak tercapai. Sedangkan, faktor internalnya antara Kakak Asuh pusat dengan para anggota daerah Kakak Asuh dalam mengkomunikasikan metode pengajaran hybrid hanya dilakukan melalui media sosial Instagram saja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunitas Kakak Asuh, Pengajaran Hybrid
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Depositing User: Annisa Indriana
Date Deposited: 30 Aug 2021 12:27
Last Modified: 30 Aug 2021 12:27
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item