Laksana, Raden Evan Rizky (2021) Analisis Wacana Merek Pond’s Melalui Branded Entertainment Lagu "Wajahmu Mengalihkan Duniaku" by Afgan. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (771kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (429kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
Abstract
Pond’s White Beauty adalah satu dari sedikit merek produk yang menggunakan strategi pemerekan dan komunikasi pemasaran yang berbeda untuk mengenalkan produk mereka, yaitu dengan meluncurkan album musik melalui wacana lagu “Wajahmu Mengalihkan Duniaku” yang dipopulerkan oleh penyanyi solo pria, Afgan. Penelitian ini menganalisis wacana merek Pond’s dari perspektif teori dan metode Brand Discourse Analysis (BDA) Wijaya, dengan elemen-elemen brand's message (promo, promise, prominence), brand's mode (strategy, style, story), brand's medium (channel, chain, clique), dan brand's milieu (climate, context, culture). BDA merupakan metode khusus untuk menganalisis wacana merek. Hasil penelitian mengungkap upaya Pond’s dalam melakukan romantisasi, internalisasi, intermediasi, dan kontekstualisasi wacana ‘Kulit Putih dan Cantik’ melalui lagu “Wajahmu Mengalihkan Duniaku”. Romantisasi melalui pesan-pesan dalam lirik, nada, dan visual video musik. Internalisasi melalui peluncuran album musik, FTV, iklan, dan ajang pemasaran dengan menonjolkan narasi wanita berkulit cerah dan cantik yang memikat perhatian para pria. Intermediasi melalui saluran-saluran media arus utama dan media sosial, agen-agen wacana, dan penyanyi lagu sebagai duta merek. Adapun kontekstualisasi wacana merek melalui kolaborasi dengan para musisi tanah air, kokreasi dengan para netizen, dan amplifikasi posisi Pond’s sebagai produk yang fokus pada kompetensi merek sebagai pencerah dan pencantik kulit.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Romanticizing the brand, internalizing the brand, intermediating the brand, contextualizing the brand, brand discourse |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Raden Evan Rizky Laksana |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 15:35 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 15:40 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5241 |
Actions (login required)
View Item |