Widiastuti, Tuti and Putri, Dianingtyas Murtanti (2017) REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN NON-EKSPLISIT. Universitas Bakrie, Jakarta. (Unpublished)
Preview |
Text (pdf)
00 Penelitian BKD-Tuti Putri.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembuatan iklan tentu tidak akan lepas dari nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Nilai-nilai yang berlaku di masyarakat tersebut didapatkan dari survey yang dilakukan sebelum proses produksi yang akan menghasilkan consumer insights. Dalam iklan Djarum Super versi „Karapan Sapi‟, pembuat iklan menggunakan makna yang telah dominan dan diakui oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Melalui proses pemaknaan tersebutlah, maka representasi suatu iklan terbentuk. Dalam pengertian makna denotatif, tanda-tanda dalam iklan Djarum Super versi Karapan Sapi ini memiliki makna yang belum terpengaruh oleh konteks sosial dan budaya masyarakat. Terkait dengan teori semiotika Barthes, makna tanda-tanda dalam tingkat denotatif hanya sebatas pada satu ekspresi (E) dan satu isi (C). Oleh karena itu, makna tanda-tanda tersebut masih bersifat biasa dan hanya merujuk pada keberadaan tanda tersebut. Makna konotatif mengacu pada asosiasi-asosiasi budaya sosial dan personal berupa ideologis, emosional dan lain sebagainya. Dalam kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi ideologi, yang disebutnya sebagai „mitos‟ dan berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REPRESENTASI, MASKULINITAS, IKLAN NON-EKSPLISIT |
Subjects: | Communication Science Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Lembaga Penelitian dan Pengembangan |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 02:20 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
View Item |