PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI INVESTOR (Survei pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2015)

Tobing, Rosita P.L. (2017) PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI INVESTOR (Survei pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2015). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (906kB) | Preview
[img] Text (pdf)
BAB I-III (Rosita P.L. Tobing).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (pdf)
BAB IV (Rosita P.L. Tobing).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (pdf)
BAB V (Rosita P.L. Tobing).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (pdf)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial, leverage dan ukuran perusahaan terhadap reaksi investor (survei pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengungkapan tanggung jawab sosial, leverage, ukuran perusahaan dan reaksi investor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2015 secara berturut-turut. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 40 sampel yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dapat disimpulkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap reaksi investor. Hasil penelitian ini menduga bahwa semakin banyak pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan akan menarik investor untuk melakukan keputusan berinvestasi. Sedangkan, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap reaksi investor. Hasil penelitian ini menduga bahwa kondisi sektor pertambangan di Indonesia sedang tidak stabil terkait regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah, dimana regulasi tersebut mengharuskan sektor pertambangan di Indonesia untuk membangun smelter yang membutuhkan dana yang banyak untuk tetap dapat mempertahankan aktivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reaksi investor, pengungkapan tanggung jawab sosial, leverage, ukuran perusahaan
Subjects: Accounting
Management > Corporate Social Responsibility
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Rosita P.l. Tobing
Date Deposited: 16 Mar 2017 05:13
Last Modified: 16 Mar 2017 05:13
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item