PENGARUH BEBAN DINAMIS KERETA API TERHADAP PONDASI BORED PILE (STUDI KASUS: PROYEK PEKERJAAN FASILITAS PERKERETAAPIAN MANGGARAI S/D JATINEGARA (PAKET A) (TAHAP II) “PEKERJAAN MAINLINE I”)

Wahyuningtias, Intan Prasti (2022) PENGARUH BEBAN DINAMIS KERETA API TERHADAP PONDASI BORED PILE (STUDI KASUS: PROYEK PEKERJAAN FASILITAS PERKERETAAPIAN MANGGARAI S/D JATINEGARA (PAKET A) (TAHAP II) “PEKERJAAN MAINLINE I”). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Pondasi diperlukan untuk pembangunan jalan layang kereta api. Dimana pada saat kereta api melintas pada jalur layang tersebut menimbulkan adanya beban dinamis arah x dan arah y. Beban dinamis arah x dan y dapat mempengaruhi daya dukung serta penurunan pondasi. Pada penelitian ini untuk mencari daya dukung beban dinamis (tiang tunggal dan kelompok) menggunakan perhitungan metode numerik yang berbasis LEM (Limit Equilibrium Method). Hasil analisis daya dukung tiang kelompok metode analitis lebih besar (28581,25 kN) dibandingkan dengan metode numerik antara beban statis dan beban dinamis (25259,83 kN). Namun pada beban dinamis dari nilai daya dukung dihasilkan nilai gaya geser, perpindahan dan momen lentur pada pondasi. Hasil Penurunan beban statis dan dinamis memiliki juga nilai yang serupa. Penurunan yang terjadi pada tiang kelompok metode analitis (4,15 cm) lebih kecil dibandingkan metode numerik (8,98 cm), jika dibandingkan dengan ketentuan SNI 8460-2017 (Penurunan ijin < 15cm + b/600) memiliki nilai yang lebih kecil, sehingga dapat dikatakan aman.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Bored Pile, Daya Dukung Pondasi, Penurunan, Beban Statis, Beban Dinamis.
Subjects: Civil Engineering > Foundation Engineering
Civil Engineering
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Intan Prasti Wahyuningtias
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:53
Last Modified: 14 Feb 2022 10:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item