ANALISIS PERILAKU GENERASI Z DALAM PEMBELIAN TIKET KONSER ONLINE IDOL K-POP DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF PERILAKU KONSUMEN

Hapsari, Kartika Indriati (2022) ANALISIS PERILAKU GENERASI Z DALAM PEMBELIAN TIKET KONSER ONLINE IDOL K-POP DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF PERILAKU KONSUMEN. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu negara dengan fans K-Pop terbanyak adalah Indonesia, sebelum dan saat pandemi COVID-19 terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Fenomena yang terjadi adalah masyarakat pecinta K-Pop rela membeli tiket konser idolanya, meskipun menonton konser live hanya melalui daring saja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat khususnya generasi Z dalam pembelian tiket konser online idol K-Pop Victon yang akan ditinjau melalui perspektif perilaku konsumen. Selanjutnya, penelitian akan dianalisis menggunakan teori perilaku konsumen oleh Solomon, dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil pembahasan dan penyajian menunjukkan bahwa penggemar idol K-Pop Victon dari kalangan generasi Z memiliki karakteristik hedon dan impulsif ketika memutuskan membeli tiket, karena mereka fans dengan idolanya. Kemudian, dari perspektif perilaku konsumen yang memiliki delapan indikator, tujuh indikator lainnya merupakan faktor yang memengaruhi perilaku pembelian tiket dilakukan oleh generasi Z yakni persepsi, sikap dan persuasi, pembelajaran dan memori, the self, grup dan efek situasi, peran gender dan sub kultur, serta word of mouth dan media sosial. Sedangkan kelas sosial dan gaya hidup tidak memengaruhi para informan dalam melakukan pembelian, sebab mereka membeli tiket tersebut karena rasa suka, gemar, dan cinta terhadap idol K-Pop Victon.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, generasi Z, idol K-Pop Victon, tiket konser online
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kartika Indriati Hapsari
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:32
Last Modified: 23 Feb 2022 03:32
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item