Analisis Semiotika Pierce Pada Penciptaan Tubuh Brand Ambassador Chicco Jerikho Di Iklan Axe Black 2015

Annisa, Fitra (2017) Analisis Semiotika Pierce Pada Penciptaan Tubuh Brand Ambassador Chicco Jerikho Di Iklan Axe Black 2015. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanda–tanda yang berkaitan dengan penciptaan tubuh brand ambassador Chicco Jerikho di dalam iklan AXE Black 2015. Analisis ini dilakukan berdasarkan konsep maskulinitas, tubuh, dan fetisisme miliki Jean Baudrillard dan mengaitkannya pada studi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Pierce. Berdasarkan analisis pada teks yang diperkuat oleh studi pustaka dan wawancara yang dilakukan, didapatkan tanda-tanda yang mencakup 3 elemen utama Pierce (representamen, objek, dan intepretan) dalam 14 adegan. Maka, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah iklan AXE Black 2015 terbukti mengganti strategi komunikasi pemasarannya yang lama, yaitu sex sale menjadi strategi komunikasi affective (emosional), dimana iklan ini berusaha untuk ‘menjual’ citra maskulinitas yang direkayasa melalui brand ambassador dengan menjadikan tubuh, busana dan aksesori yang melekat pada brand ambassador sebagai komoditas, sehingga terjadilah fetisisme tubuh brand ambassador Chicco Jerikho berupa citra new man as narcissist, yaitu pria yang kalem, stylish, sophicticated, dan peduli pada penampilannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pierce, Maskulinitas, Tubuh, Fetisisme, Brand Ambassador
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: FITRA ANNISA
Date Deposited: 24 Mar 2017 07:03
Last Modified: 24 Mar 2017 07:03
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item