Analisis Semiotika Peirce Pada Maskulinitas Pria Metroseksual Dalam Akun Instagram @ootdindomen

Rahmah, Nur (2017) Analisis Semiotika Peirce Pada Maskulinitas Pria Metroseksual Dalam Akun Instagram @ootdindomen. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (903kB)

Abstract

Pria pada zaman modern ini sudah bergeser perkembangannya dalam memperhatikan penampilan. Pengaruh media juga menjadi faktor pergeseran sikap pria dalam memperhatikan penampilan. Instagram @ootdindomen menjadi salah satu media sosial yang mengusung Outfit Of The Day For Indonesia Men sebagai rujukan gaya pria dalam bentuk foto-foto OOTD sehari-hari. Maskulinitas pria pun dipertanyakan dan berkembangnya pria metroseksual menjadi problema dalam penelitian ini. Dengan memakai metode penelitian kualitatif dan teknik analisis semiotika Peirce, data penelitian dilihat dari unsur triadik dan 10 klasifikasi sistem tanda Peirce. Hasil tersebut pun diperkuat dengan studi pustaka dan wawancara dengan pengamat sebagai penguat data penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa di dalam sistem ikon terdapat banyaknya kesamaan gaya yang terlihat feminin baik dari aksesoris, maupun model pakaian dan pemilihan gaya rambut, kemudian di sistem indeks ditemukan pria memiliki tujuan tertentu dalam bergaya, serta ingin terlihat fashionable namun terlihat maskulin dengan bentuk tubuhnya. Di dalam sistem simbol yang ditunjukkan bahwa pria menggunakan aksesoris sebagai kebutuhan dalam gaya busana sehari-hari untuk menampilkan selera busana yang dipakai. Akun Instagram @ootdindomen merupakan penggambaran pria metroseksual yang diungkapkan oleh Mark Simpson penemu konsep metroseksual. Maskulinitas lama yaitu hegemonic masculinity sudah bergeser dengan adanya kebutuhan pria urban terhadap gaya busana yang dipakai sehari-hari. Dalam foto-foto yang dianalisis pun ditemukan adanya kesamaan gaya pria dengan menonjolkan sisi feminin namun gaya maskulin tetap menjadi gaya dominan pria tersebut. Namun munculnya pria metroseksual tidak menghilangkan hegemonic masculinity pria di dalam dirinya karena penampilan tidak selalu sebanding lurus dengan sikap dan perilaku. Kata kunci: semiotika peirce, maskulinitas, pria metroseksual, Instagram

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: semiotika peirce, maskulinitas, pria metroseksual, Instagram,semiotic peirce, male masculinity, metrosexual, semiotic, Instagram
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: NUR RAHMAH
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:38
Last Modified: 30 Mar 2017 09:38
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item