Rahmah, Nur (2017) Analisis Semiotika Peirce Pada Maskulinitas Pria Metroseksual Dalam Akun Instagram @ootdindomen. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (722kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (903kB) |
Abstract
Pria pada zaman modern ini sudah bergeser perkembangannya dalam memperhatikan penampilan. Pengaruh media juga menjadi faktor pergeseran sikap pria dalam memperhatikan penampilan. Instagram @ootdindomen menjadi salah satu media sosial yang mengusung Outfit Of The Day For Indonesia Men sebagai rujukan gaya pria dalam bentuk foto-foto OOTD sehari-hari. Maskulinitas pria pun dipertanyakan dan berkembangnya pria metroseksual menjadi problema dalam penelitian ini. Dengan memakai metode penelitian kualitatif dan teknik analisis semiotika Peirce, data penelitian dilihat dari unsur triadik dan 10 klasifikasi sistem tanda Peirce. Hasil tersebut pun diperkuat dengan studi pustaka dan wawancara dengan pengamat sebagai penguat data penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa di dalam sistem ikon terdapat banyaknya kesamaan gaya yang terlihat feminin baik dari aksesoris, maupun model pakaian dan pemilihan gaya rambut, kemudian di sistem indeks ditemukan pria memiliki tujuan tertentu dalam bergaya, serta ingin terlihat fashionable namun terlihat maskulin dengan bentuk tubuhnya. Di dalam sistem simbol yang ditunjukkan bahwa pria menggunakan aksesoris sebagai kebutuhan dalam gaya busana sehari-hari untuk menampilkan selera busana yang dipakai. Akun Instagram @ootdindomen merupakan penggambaran pria metroseksual yang diungkapkan oleh Mark Simpson penemu konsep metroseksual. Maskulinitas lama yaitu hegemonic masculinity sudah bergeser dengan adanya kebutuhan pria urban terhadap gaya busana yang dipakai sehari-hari. Dalam foto-foto yang dianalisis pun ditemukan adanya kesamaan gaya pria dengan menonjolkan sisi feminin namun gaya maskulin tetap menjadi gaya dominan pria tersebut. Namun munculnya pria metroseksual tidak menghilangkan hegemonic masculinity pria di dalam dirinya karena penampilan tidak selalu sebanding lurus dengan sikap dan perilaku. Kata kunci: semiotika peirce, maskulinitas, pria metroseksual, Instagram
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | semiotika peirce, maskulinitas, pria metroseksual, Instagram,semiotic peirce, male masculinity, metrosexual, semiotic, Instagram |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | NUR RAHMAH |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 09:38 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 09:38 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
View Item |