Rasiah, Ayella (2022) Analisis Framing Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 Gratis Untuk Masyarakat Indonesia Pada Kompas.com dan Detik.com. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (230kB) | Preview |
Text (BAB I-lll)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (81kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan terkait pandemi Covid-19 menjadi tugas untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk mematuhi segala aturan dan kebijakan yang terkait untuk penanggulangan permasalahan virus COVID-19 di Indonesia. Mewabahnya virus COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil langkah penanganan virus melalui penyuntikan vaksin atau vaksinasi. Perkembangan informasi terkait vaksin menjadi satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat, media memiliki peran penting untuk menyampaikan informasi secara aktual dan faktual sehingga masyarakat dapat menerima informasi secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori framing Robert N. Enmant dengan menggunakan empat struktur analisis framing, yaitu define problem (mengindentifikasi masalah), diagnose causes (penyebab masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral), dan treatment recommendation (penyelesaian masalah). Hasil analisis penelitian tentang pembingkaian berita kedua media yang merupakan media online ini masih memiliki perbedaan yang dapat dilihat oleh pembacanya. Framing berita yang diangkat oleh kompas.com terkait keputusan vaksinasi gratis masih memiliki ragam framing dan informasi. Meski karakteristik media online adalah kecepatan beritanya, dalam hal ini kompas.com berhasil mengangkat informasi-informasi pendukung lainnya yang dibutuhkan masyarakatterkait keputusan vaksinasi gratis oleh presiden. Sementara detik.com yang jugamerupakan media, memiliki karakteristik framing sedikit berbeda dari kompas.com. Detik.com memiliki keunggulan dalam kecepatan waktu penayangan dan penerbitan berita secara online sebagaimana media ini diberi nama.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Framing, Vaksinasi Gratis, Berita, Covid-19 |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ayella Rasiah |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 07:50 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 07:56 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6207 |
Actions (login required)
View Item |